Sport
Selasa, 14 Februari 2017 - 01:00 WIB

LIGA SPANYOL : Atletico Madrid Kembali Tak Berjodoh dengan Penalti

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Fernando Torres (JIBI/REUTERS/Sergio Perez)

Liga Spanyol menyajikan Atletico Madrid yang kerap gagal dalam tendangan penalti.

Solopos.com, MADRID — Jika ada tim yang paling bermasalah dengan tendangan penalti, mungkin tim itu bernama Atletico Madrid. Bagaimana tidak, sejak ditangani Diego Simeone, Los Colchoneros membuang percuma 32 kesempatan mencetak gol dari titik putih. Atletico hanya mampu mengonversi 14 tendangan penalti menjadi gol atau 30,4% dari peluang.

Advertisement

Buruknya kemampuan penalti Antoine Griezmann dkk. kembali terulang saat menjamu Celta Vigo di Stadion Vicente Calderon, Senin (13/2/2017) dini hari WIB. Kali ini Fernando Torres gagal mencetak gol dari titik 12 pas setelah tendangannya membentur mistar gawang. Padahal jika Torres sukses menjadi algojo, Atletico bisa membalikkan kedudukan menjadi 2-1 di menit ke-30.

Di laga itu, Atletico hampir saja keok andai Yannick Ferreira Carrasco dan Griezmann tak mencuri gol empat menit jelang bubaran. Los Colchoneros dua kali ketinggalan lewat gol Cabral dan John Guidetti sebelum akhirnya menang 3-2. Jika ditelusuri, kegagalan penalti Torres menjadi yang keenam dari sembilan kesempatan penalti yang diperoleh Atletico musim ini.

Diego Simeone bukannya tak menyadari problem itu. Malah, pemilihan Fernando Torres sebagai eksekutor sebenarnya menjadi bagian dari solusi untuk mengakhiri kegagalan tim menyelesaikan penalti.

Advertisement

Simeone agaknya kapok memilih Kevin Gameiro setelah sang striker gagal menunaikan tugasnya saat Atletico ditahan imbang 1-1 Barcelona di Copa del Rey kemarin. Antoine Griezmann? Striker Timnas Prancis itu sudah berulangkali membuang peluang dari titik putih musim ini.

“Kami akan bermain amat bagus jika mampu menyelesaikan penalti. Ya, itu [penalti] bagian dari permainan,” ujar Simeone seusai pertandingan seperti dilansir Marca, Senin.

Hasil jajak pendapat yang digalang Marca sebelum laga kemarin agaknya yang meneguhkan pilihannya menunjuk Torres sebagai eksekutor penalti. Eks striker Liverpool ini dijagokan 256 responden (34%) untuk menjadi algojo utama Atletico.

Advertisement

Sayang, keputusan itu terbukti salah. Simeone lupa menengok rekam jejak Torres dalam mengambil tendangan penalti. Dari 28 kesempatan penalti yang diambilnya saat berlaga di Liga Spanyol, Torres gagal dalam sembilan tendangan di antaranya (31,1%). Persentase itu membuat dirinya menjadi algojo penalti terburuk di Liga Spanyol saat ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif