Soloraya
Jumat, 10 Februari 2017 - 08:10 WIB

WISATA SOLO : Maret, Museum Keris Dibuka untuk Umum

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas keamanan mengecek Museum Keris, Sriwedari, Solo, Kamis (9/2/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Wisata Solo, Museum Keris akan dibuka untuk umum pada Maret mendatang.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menargetkan peresmian Museum Keris pada Maret mendatang. Meski demikian, sampai saat ini koleksi keris hibah dari para kolektor yang telah terkumpul belum dipajang.

Advertisement

Proyek pembangunan Museum Keris rampung sejak akhir 2016 lalu. Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Solo, Sis Ismiyati, beralasan Pemkot masih menunggu penyerahan aset dari pemerintah pusat terkait pengelolaan Museum Keris. (Baca: Punya 318 Koleksi, Museum Keris akan Dibuka Awal 2017)

“Kalau penyerahan aset dari sana [pusat] ke Pemkot selesai, kami langsung menata keris,” kata Ismi panggilan akrabnya ketika dijumpai wartawan di Balai Kota, Kamis (9/2/2017).

Selama ini, Pemkot menerima ratusan keris dari para kolektor yang dihibahkan untuk Museum Keris. Pemkot sengaja menggandeng kolektor untuk bisa mendapatkan koleksi keris yang dipamerkan di Museum Keris.

Advertisement

Keris ini berusia puluhan tahun yang merupakah hibah dari para kolektor keris dari berbagai wilayah di Indonesia. Keris-keris tersebut kemudian diinventarisasi oleh tim kurator sebelum dipamerkan. (Baca: Museum Keris Dapat Hibah 25 Keris dari Kolektor)

“Sudah selesai diinventarisasi, tapi kami menunggu penyerahan aset dulu. Kalau sudah selesai, semua bisa berjalan,” katanya.

Ismi menargetkan penyerahan aset dikerjakan secepatnya. Dengan begitu Museum Keris bisa segera dibuka untuk umum. “Seluruh pelaksanaan pembangunan telah rampung tahun lalu. Tahun ini tinggal peresmian dan dibuka,” katanya.

Advertisement

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menargetkan Museum Keris pertama di Indonesia itu bisa diresmikan pada Maret. Ditanya apakah Museum Keris bakal diresmikan Presiden Joko Widodo, Wali Kota yang akrab disapa Rudy itu belum bisa memastikannya.

Rudy hanya berharap Museum Keris bisa secepatnya dibuka untuk umum. Museum Keris akan menjadi destinasi wisata baru yang berfungsi sebagai media pendidikan bagi anak-anak.

Para generasi penerus bangsa bisa mendapatkan pengetahuan tentang keris dan cara pembuatan keris. “Museum ini juga akan dilengkapi sarana edukasi tentang asal-usul dan pembuatan keris,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rudy mengatakan Museum Keris bukan hanya tempat memamerkan koleksi keris, namun juga sarana edukasi sehingga dibuat dan didesain baik untuk menarik minat anak muda. Selain itu, dibukanya Museum Keris bakal menjadi rujukan baru bagi wisatawan saat berkunjung ke Solo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif