Jogja
Jumat, 10 Februari 2017 - 16:19 WIB

PARKIR JOGJA : Pelaku Usaha Diminta Sediakan Lahan Parkir

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi parkir. (Gigih M.Hanif/JIBI/Harian Jogja)

Parkir Jogja diminta untuk menjadi perhatian pelaku usaha

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Perhubungan Kota Jogja meminta semua pelaku usaha menyediakan lahan parkir untuk mengurangi kepadatan lalu lintas karena banyak kendaraan yang parkir di badan jalan terutama saat akhir pekan atau masa liburan.

Advertisement

“Untuk pengajuan usaha baru sudah kita perketat melalui rekomendasi amdal lalu lintas yang harus dimiliki. Namun untuk usaha lama kita tidak hanya berharap bisa menyediakan lahan parkir,” kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Jogja, Purnomo, Kamis (9/2/2017).

Menurut dia luas lahan parkir ditentukan dari luas bangunan usaha yang dikelola. Misalnya untuk usaha hotel yang memiliki 100 kamar, maka lahan parkir yang harus dimiliki sekitar 500 meter persegi. Ia mengakui sejumlah usaha di sekitar Malioboro banyak belum menyedikan lahan.

Pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena usaha itu sebagian besar dibangun sebelum ada aturan kewajiban Amdal Lalin atau sebelum 2010. “Kecuali ada perubahan usaha dan perubahan bangunan maka harus ada pengajuan Amdal Lalin lagi,” ujar Purnomo.

Advertisement

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja, Wirawan Hario Yudo mengatakan parkir pengunjung Malioboro selama ini tertampung di Ngabean, Abu Bakar Ali, Senopati, dan Selatan Pasar Bringharjo. Namun lokasi parkir tersebut tetap tidak mampu menampung saat liburan panjang.

Akibatnya, banyak kendaraan yang kebingungan mencari lahan parkir dan tidak jarang parkir di tepi jalan sehingga menyebabkan arus lalu lintas tersendat. Pihaknya sudah berupaya melakukan upaya sementara, misalnya kerjasama dengan swasta untuk menampung parkir kendaraan dan melakukan rekayasa lalu lintas.

“Jika pengelola usaha di sekitar kawasan penyangga Malioboro bisa mandiri menyediakan lahan parkir saya pikir lebih baik,” kata Wirawan.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Parkir Jogja Wisata Jogja
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif