Jatim
Rabu, 8 Februari 2017 - 14:05 WIB

WISATA PONOROGO : Pendapatan Pariwisata Ditarget Rp1 Miliar, Terbesar dari Telaga Ngebel

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Keindahan air terjun Coban Lawe yang berada di Desa Krisik, Kecamatan Pudak, Ponorogo. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Pariwisata Ponorogo, anggaran pariwisata tahun 2017 di Ponorogo senilai Rp3 miliar.

Madiunpos.com, PONOROGO — Anggaran untuk kegiatan pariwisata di Kabupaten Ponorogo pada tahun 2017 dipatok senilai Rp3 miliar. Anggaran tersebut paling besar digunakan untuk kegiatan Grebeg Suro.

Advertisement

“Anggaran kegiatan pariwisata kita untuk tahun 2017 ini sama dengan anggaran di tahun 2016 yaitu senilai Rp3 miliar,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ponorogo, Sapto Jatmiko, Selasa (7/2/2017).

Sapto menuturkan anggaran tersebut habis untuk membiayai kegiatan Grebeg Suro dan operasional Telaga Ngebel serta Taman Wisata Ngembag. Untuk pendapatan yang didapatkan dari pengelolaan pariwisata, Pemkab Ponorogo tahun 2016 mendapatkan Rp1 miliar.

Sedangkan untuk tahun 2017, target pendapatan dari sektor pariwisata masih tetap senilai Rp1 miliar. Tempat yang masih menjadi andalan Pemkab Ponorogo dalam hal retribusi yaitu di Telaga Ngebel.

Advertisement

Jumlah wisatawan yang datang ke Ponorogo, kata Sapto, ada sebanyak 890.000 orang pada 2016. Sedangkan untuk tahun 2017 ditargetkan ada sebanyak satu juta wisatawan yang berkunjung ke Ponorogo.

“Target wisatawan masih tetap, soalnya memang tidak banyak perubahan. Tapi, nanti ketika konsep desa wisata mulai dilaksanakan harapannya bisa meningkatkan jumlah wisatawan,” kata dia.

Menurut Sapto, saat ini pengunjung yang datang ke Ponorogo sebagian besar untuk menikmati Telaga Ngebel dan Grebeg Suro. Selain minimnya lokasi wisata, akses jalan yang sulit juga menjadikan wisatawan enggan untuk datang ke Ponorogo.

Advertisement

Dia optimistis ketika nanti pembangunan jalan lintas Wilis sudah dibangun akan membangkitkan pariwisata di Ponorogo. “Itu rencananya pemerintah pusat akan membangun jalur lintas Wilis, yang menghubungkan beberapa kabupaten di Jawa Timur. Kalau memang ini dibangun, ya pasti bisa mengembangkan pariwisata di Ponorogo,” kata dia.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, menyampaikan pada tahun ini Pemkab Ponorogo memang belum memprioritas sektor pariwisata. Untuk itu, anggaran yang dikucurkan untuk sektor pariwisata di Ponorogo masih sama dengan tahun lalu.

“Tahun ini memang pariwisata belum menjadi prioritas Pemkab Ponorogo,” ujar Ipong.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif