Sport
Selasa, 7 Februari 2017 - 22:30 WIB

PSSI Dapat Bantuan Dana AFC Rp3,2 Miliar Per Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - PSSI (PSSI.Org)

PSSI mendapat bantuan dari AFC.

Solopos.com, JAKARTA – PSSI bakal mendapat bantuan dana dari otoritas sepak bola Asia, AFC. Bantuan itu akan digunakan untuk operasional PSSI, termasuk menggaji para staf. Nominalnya adalah US$250.000 atau setara dengan Rp3,2 miliar per tahun.

Advertisement

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal AFC Dato Windsor John saat berkunjung ke Kantor PSSI di Kuningan, Jakarta, Selasa (7/2/2017). Tak hanya untuk operasional PSSI, AFC juga akan memberikan dana untuk pengembangan sepak bola nasional.

AFC akan memberikan bantuan dana senilai US$300.000 (Rp3,9 miliar) kepada PSSI untuk membangun infrastruktur seperti lapangan sepak bola. Ditambah juga bantuan senilai US$50.000 (Rp650 juta) untuk pengadaaan peralatan sepak bola seperti bola, kostum, peralatan medis, dll.

“Dana diberikan setiap tahun dengan syarat PSSI harus melakukan audit per-tahun. Jika tidak diaudit, tidak bisa menerima lagi di tahun depannya,” tutur Windsor seperti dikutip dari Antaranews.com.

Advertisement

Selain dalam bentuk dana segar, AFC juga berkomitmen untuk memberikan bantuan teknis kepada PSSI seperti menyediakan tenaga pakar sepak bola serta membantu pengembangan kompetisi dan pengoperasian liga. Penerapan lisensi klub, pelatih dan wasit AFC juga masuk dalam pembicaraan bantuan AFC demi kemajuan persepakbolaan Indonesia.

“Kami pun akan memprioritaskan Indonesia di program-program AFC, termasuk menjadi tuan rumah turnamen-turnamen tingkat Asia. Bersama Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi, kami ingin sepak bola Indonesia ke tahap yang lebih tinggi,” kata Dato Windsor.

PSSI pun menyambut baik sokongan AFC tersebut. Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, pun berjanji memanfaatkan uang tersebut untuk mendukung persiapan tim nasional yang akan berlaga di beberapa turnamen internasional pada tahun 2017.

Advertisement

“Prioritas ke depan adalah untuk tim nasional yang di tiga strata umur yaitu U-16, U-19 dan U-22 akan berlaga masing-masing di Piala AFF dan SEA Games 2017 di Malaysia,” kata Edy.

AFC memang berkomitmen penuh mendukung PSSI yang baru pada tahun 2016 lepas dari sanksi FIFA. Mereka mewujudkan sokongan tersebut dengan melakukan kunjungan resmi ke Kantor PSSI, Jakarta, Selasa, diwakili Sekjen dan tujuh orang direktur. Ini merupakan kedatangan pertama badan sepak bola Asia tersebut setelah pencabutan sanski FIFA.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif