News
Minggu, 5 Februari 2017 - 18:00 WIB

Terbitkan Kartun Trump Penggal Patung Liberty, Der Spiegel Dikritik

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kartun Der Spiegel Trump penggal Patung Liberty (bbc.co.uk)

Majalah Jerman Der Spiegel dikritik setelah menerbitkan kartun Donald Trump memenggal patung Liberty.

Solopos.com, JAKARTA — Majalah mingguan berpengaruh Jerman, Der Spiegel, mendapat kritik karena gambar sampulnya yang menunjukkan Presiden Donald Trump memenggal kepala Patung Liberty.

Advertisement

Beberapa koran Jerman mengkritik kartun tersebut, sedangkan wakil presiden Parlemen Eropa untuk Jerman menyebutnya “tak pantas”. Kartunis Edel Rodriguez mengatakan bahwa gambar tersebut mewakili “pemenggalan demokrasi”.

Hubungan Jerman-AS mulai menurun di bawah pemerintahan Donald Trump. Pasalanya presiden baru AS itu mengkritik kebijakan Kanselir Jerman Angela Merkel sebagaimana dikutip bbc.co.uk, Minggu (5/2/2017).

Bulan lalu, Trump mengatakan bahwa kebijakan Jerman menerima banyak pengungsi adalah sebuah “kesalahan besar”. Penasihat perdagangannya juga baru-baru ini mengkritik Jerman karena mendapat keuntungan perdagangan dari mata uang euro yang “dinilai rendah”.

Advertisement

Sampul depan tersebut mirip dengan kartun yang muncul di halaman depan New York Daily News pada Desember 2015 yang juga menunjukkan Trump memenggal Patung Liberty namun tidak dengan berdarah-darah.

Rodriguez yang tiba di AS sebagai pengungsi politik dari Kuba pada tahun delapan puluhan mengatakan pada Washington Post bahwa dia ingin menunjukkan perbandingan antara kelompok yang menyebut dirinya Negara Islam atau ISIS dengan Donald Trump dan mengatakan “kedua pihak adalah ekstremis”.

Editor Der Spiegel, Klaus Brinkbaumer, menulis editorial bahwa Trump “berupaya melakukan kudeta dari atas” dan ingin “mendirikan demokrasi tidak liberal”. Sebaliknya, Gedung Putih sudah menuduh kelompok media liberal atas pelaporan palsu dan tak bertanggungjawab untuk mencemari reputasi Trump dan pemerintahannya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif