Jogja
Minggu, 5 Februari 2017 - 10:20 WIB

PILKADA KULONPROGO : KPPS Siap Bagikan Undangan untuk Pemilih

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemberian suara pemilihan umum (JIBI/Solopos/Antara/Dok.)

Pilkada Kulonprogo akan memberikan undangan untuk para pemilih

Harianjogja.com, KULONPROGO-Seluruh anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) telah mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) masing-masing wilayah.

Advertisement

Mereka selanjutnya mulai mempersiapkan formulir C6 yang harus diterima calon pemilih maksimal pada awal masa tenang kampanye Pilkada 2017.

Divisi Perencanaan dan Informasi, Sumber Daya Manusia, dan Organisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo, Marwanto mengatakan, setiap PPS diberi kesempatan untuk menyelenggarakan bimtek bagi KPPS pada akhir Januari. Mereka dapat menggunakan waktu selama dua hari antara Kamis (26/1/2017) pekan lalu hingga Selasa (31/1/2017) kemarin. “Semuanya sudah dapat bimtek,” ucap Marwanto, Jumat (3/2/2017).

Materi bimtek KPPS pada dasarnya sama dengan yang diterima PPS maupun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) saat menjalani kegiatan serupa. Mereka mendapatkan penjelasan mengenai pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara. Materi juga disajikan dalam bentuk simulasi agar mempermudah pemahaman peserta mengenai teknis pemungutan, penghitungan, maupun rekapitulasi suara.

Advertisement

Seluruh peserta bimtek juga mendapatkan buku panduan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, termasuk anggota KPPS. Buku tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan memperkecil kemungkinan adanya kesalahan teknis pada hari H nanti. “Jumlah anggota KPPS mencapai 6.559 orang yang bertugas di 937 TPS,” ujar Marwanto.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kulonprogo, Panggih Widodo menambahkan, formulir C6 telah didistribusikan kepada KPPS melalui kegiatan bimtek. Formulir C6 berfungsi sebagai surat pemberitahuan pemungutan suara sehingga lebih dikenal masyarakat sebagai undangan untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

“Februari sudah tidak ada bimtek. KPPS sudah mulai kerja untuk persiapan pemungutan suara, seperti mengisi dan menyampaikan C6 kepada pemilih,” ungkap Panggih.

Advertisement

Penyampaian formulir C6 harus selesai paling lambat H-3 hari pencoblosan atau 12 Februari mendatang. Tanggal itu sekaligus menjadi hari pertama untuk masa tenang kampanye.

Panggih lalu mengatakan, masyarakat diminta segera melapor kepada KPPS atau PPS setempat apabila belum menerima formulir C6 pada hari itu. “Kalau hilang, pemilih bisa menunjukkan KTP atau surat keterangan kepada petugas KPPS saat di TPS,” ujar Panggih.

Advertisement
Kata Kunci : Pilkada Kulonprogo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif