Jogja
Kamis, 2 Februari 2017 - 22:00 WIB

KEBAKARAN GUNUNGKIDUL : Rumah Terbakar Tersulut Api Teplok

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasukan pemadam kebakaran menghadapi amukan si jago merah. (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

Kebakaran Gunungkidul terjadi di Ponjong.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Sebuah rumah di Dusun Sawur, Desa Sawahan, Kecamatan Pnjong terbakar lantaran tersulut api dari lampu teplok pada Rabu (1/2/2017) malam. Pemilik rumah diduga lalai saat menyalakan lampu teplok untuk penerangan ketika listrik padam.

Advertisement

Menurut Kapolsek Ponjong, Kompol Saman, terbakarnya rumah milik Kartim, warga Dusun Sawur itu lantaran dia tidak berhati-hati. Kartim menaruh lampu teplok di atas meja yang berada di sekitar benda yang mudah terbakar. Lampu yang menyala itu juga lepas dari pengawasanya karena ditinggal tidur, sehingga mengakibatkan kebakaran.

Kartim baru menyadari sebagian rumahnya terbakar sekitar pukul 21.30 WIB. Saat itu dia terbangun lantaran merasakan hawa panas dari api yang membakar dinding rumahnya yang terbuat dari kayu.

“Dia baru sadar saat sudah sebagian rumahnya terbakar. Yang terbakar itu kerangka atap dan dinding kayu,” kata Saman, Kamis (2/2/2017).

Advertisement

Material rumah yang mudah terbakar membuat api semakin cepat menjalar. Warga yang mengetahui kejadian ini panik dan berusaha memadamkan secara manual. Beberapa menit kemudian ganasnya api dapat dipadamkan. Namun sebagian rumah sudah habis dilalap api. Meski begitu, kata Saman semua penghuninya selamat dari kejadian itu, tapi dia memperkirakan kerugian yang dialami pemilik rumah sekitar Rp5 juta.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif