Soloraya
Senin, 30 Januari 2017 - 13:40 WIB

Pembangunan Pasar Klewer Kelar, Pemkot Segera Kumpulkan Pedagang

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Proyek pembangunan Pasar Klewer sudah selesai 100% dan akan diserahkan ke Pemkot Solo, Rabu (1/2/2017). Foto diambil Minggu (29/1/2017). (Nicolaus Irawan/JIBI/Solopos)

Pemkot Solo segera mengumpulkan pedagang Pasar Klewer untuk membahas soal penempatan.

Solopos.com, SOLO — PT Adhi Karya selaku kontraktor pelaksana proyek pembangunan Pasar Klewer telah merampungkan pembangunan pasar tekstil tersebut sesuai batas waktu perpanjangan, Senin (30/1/2017).

Advertisement

Selanjutnya, PT Adhi Karya memberikan garansi berupa perbaikan selama enam bulan ke depan. Perbaikan dikerjakan jika terjadi kerusakan pada kondisi bangunan pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah ini. (Baca juga:

Di sisi lain, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo segera mengumpulkan para pedagang untuk membahas soal rencana penempatan. Rencananya, Pasar Klewer diresmikan Maret mendatang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Advertisement

Di sisi lain, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo segera mengumpulkan para pedagang untuk membahas soal rencana penempatan. Rencananya, Pasar Klewer diresmikan Maret mendatang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

General Manager PT Adhi Karya, Sukaryo, mengatakan pengerjaan proyek pembangunan Pasar Klewer sudah rampung 100%. Saat ini tinggal pembersihan dan penggantian material bangunan yang rusak, seperti keramik, tembok, dan lain sebagainya.

“Pekerjaan sudah 100%. Sekarang tinggal mengepel dan bersih-bersih,” kata dia ketika dijumpai wartawan di Pasar Klewer, Minggu (29/1/2017).

Advertisement

“Jadi selama masa pemeliharaan kami akan perbaiki setiap ada kerusakan,” katanya.

Terkait rencana pembangunan Pasar Klewer akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Maret mendatang, Sukaryo mengaku bangga dan senang. Termasuk jika mantan Wali Kota Solo ini sewaktu-waktu akan meninjau Pasar Klewer, ia siap.

Terpisah, Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan Pemkot segera mengumpulkan pedagang Pasar Klewer terkait penempatan pedagang ke pasar tersebut. Sesuai rencana proses penempatan pedagang dilakukan akhir Februari.

Advertisement

“Nanti kita tunggu kesiapannya. Yang jelas Maret bisa diresmikan, entah itu awal, tengah, atau akhir bulan,” katanya.

Selain penempatan pedagang Pasar Klewer, Pemkot juga mulai fokus pada proyek lanjutan pembangunan Pasar Klewer sisi timur. Pasar darurat bagi pedagang Pasar Klewer timur disiapkan Pemkot di lantai basement Pasar Klewer bagian barat. (Baca juga: Proyek Pasar Klewer Timur Mulai Dikerjakan Juni 2017)

“Sekarang kami masih menunggu DIPA [daftar isian pelaksanaan anggaran] untuk revitalisasi Pasar Klewer timur,” katanya.

Advertisement

Sesuai konsep, bangunan pasar sisi timur akan dibangun dua lantai, yaitu basement dan semi basement, serta bagian atas digunakan untuk hall. Nantinya antara bangunan pasar timur dan barat akan dibuat jalur khusus sebagai penghubung.

Dengan demikian, ada koneksivitas bangunan basement, semi basement sisi barat dan timur. Rencana revitalisasi tersebut kini mulai disosialisasikan kepada pedagang pasar timur. Setidaknya ada 546 pedagang di Pasar Klewer timur. Para pedagang tersebut akan direlokasi ke pasar darurat di lantai basement Pasar Klewer barat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif