Lifestyle
Sabtu, 28 Januari 2017 - 18:00 WIB

Berpotensi Mengandung Bakteri, Ini Risiko Meminum Susu Mentah

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi susu (JIBI/Dok)

Mengonsumsi susu mentah ternyata mengandung risiko berbahaya.

Solopos.com, SOLO — Susu kaya akan gizi sehingga baik dikonsumsi berbagai kalangan mulai anak-anak hingga orang lanjut usia. Susu selama ini juga dianggap sebagai pelengkap dalam menu empat sehat lima sempurna.

Advertisement

Tapi bagaimana dengan susu mentah? Susu mentah adalah susu dari sapi, kambing, domba, atau binatang lain yang belum dipasteurisasi. Hal ini berarti susu (serta setiap mentega, keju atau yoghurt yang terbuat dari itu) belum dipanaskan dan cenderung belum diatur untuk membunuh bakteri berbahaya seperti E. coli.

Teknologi pasteurisasi susu baru muncul sejak 1800-an dan merupakan cara yang efisien untuk memastikan susu bisa bertahan lama dan menghilangkan beberapa risiko negatif.

Sebagian orang beranggapan susu mentah baik dikonsumsi karena mengandung nutrisi penting yang akan hilang jika dilakukan proses pasteurisasi. Sebagian orang lainnya menilai susu mentah lebih mudah dicerna, membantu memulihkan mereka yang menderita asma dan eksim, serta membantu membangun kekebalan alami.

Advertisement

Namun, seperti dilansir The Sun, beberapa waktu lalu, para ahli memperingatkan susu mentah berpotensi mengandung bakteri dan orang-orang harus berhati-hati saat mengonsumsinya.

Risiko sakit biasanya kecil, namun susu mentah bisa membawa bakteri berbahaya dan kuman lainnya yang dapat membuat Anda sangat sakit. Jika Anda tak mengalami sakit setelah minum susu mentah, Anda hanya mengulur waktu hingga nantinya mengalami diare, kram perut, dan muntah.

Bahkan konsumsi susu mentah bisa menganggu ginjal, menimbulkan kelumpuhan dan bahkan kematian, namun kasus itu jarang terjadi.

Advertisement

 

Lembaga pengawasan makanan di Amerika Serikat (FSA atau The Food Standards Agency) telah memperingatkan bahaya susu yang belum diolah dan sebuah studi di Amerika juga telah mengklaim susu mentah membuat orang 100 kali lebih mungkin mengalami sakit dibandingkan mereka yang mengkonsumsi susu yang telah dipasteurisasi.

Menurut FSA, yang terbaik adalah menghindari produk susu mentah terutama jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau sedang hamil. Bayi dan anak-anak juga disarankan menghindari konsumsi susu mentah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif