News
Jumat, 27 Januari 2017 - 18:43 WIB

Patrialis Ditangkap, Wapres Ungkap Penyebab Impor Daging Jadi Lahan Korupsi

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Penangkapan Patrialis mengingatkan kasus suap kuota impor sapi 2013 lalu. Wapres pun berkomentar mengapa peternakan menjadi lahan korupsi.

Solopos.com, JAKARTA — Tertangkapnya Hakim Mahkamah Konstitusi Patrialis Akbar oleh KPK terkait kasus dugaan suap uji materi UU No. 41/2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan mengembalikan ingatan kepada sejarah korupsi di sektor peternakan lainnya.

Advertisement

Pada 2013, KPK menangkap anggota DPR sekaligus Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq dan rekannya Ahmad Fathanah terkait kasus suap kuota impor sapi.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai selama disparitas harga daging lokal dan luar negeri sangat tinggi, keinginan mengimpor memang menjadi pilihan untuk menurunkan harga barang. Di situlah celah sejumlah pihak untuk memanfaatkan keuntungan.

“Di situ letaknya orang berusaha sehingga timbullah upaya macam-macam untuk menyogok kuota itu,” jelasnya, di Istana Wakil Presiden, Jumat (27/1/2017).

Advertisement

Suap yang menjerat Patrialis diduga terkait pengurusan perkara judicial review (uji materi) UU yang berpengaruh dalam bisnis impor daging. Dalam kasus ini, ada perubahan syarat dalam UU yang baru disahkan pada 2014 tersebut, yakni ketentuan untuk mengimpor sapi dari sebelumnya country based menjadi zona based.

Menurut JK, ketentuan importasi lewat mekanisme zona based saat ini lebih mempermudah pemerintah untuk menurunkan harga daging sapi. Pasalnya, pada UU sebelumnya atau saat berlakunya ketentuan country based, hanya negara tertentu yang boleh mengimpor, seperti dari Australia dan New Zealand.

“Kalau UU lama, hanya beberapa seperti Australia dan NZ saja yang bisa impor, sehingga mereka seenaknya menaikkan harga daging. Kalau UU yang sekarang, harga daging bisa turun karena negara selain mereka kita bisa impor,” katanya. Baca juga: Pemberi Suap ke Patrialis Akbar Seorang Pengusaha Impor Daging.

Advertisement

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri dalam beberapa kesempatan memprioritaskan penurunan harga daging sapi dalam negeri, hingga minimal Rp80.000/kg karena menilai harga yang selama ini ada di pasar terlalu tinggi untuk konsumen.

Terkait kasus ini, Wapres JK mengatakan Indonesia terus berupaya memberantas korupsi di dalam negeri. Dia menilai pelaksanaan penindakan korupsi di Indonesia merupakan salah satu yang paling keras di dunia.

“Menteri sudah 9 masuk penjara, gubernur 19, ketua lembaga sudah berapa KPU, MK, KY, BI, anggota DPR berapa? Tapi memang yang kita sayangkan adalah masih ada saja ,” ujarnya.

Dalam pemeriksaan awal, KPK menemukan indikasi bahwa Patrialis menyetujui membantu agar permohonan uji materi perkara dengan nomor registrasi 129/puu/XII/2015 itu dapat dikabulkan oleh Mahkamah Konstitusi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif