News
Jumat, 27 Januari 2017 - 12:45 WIB

Ini Gambar Ornamen yang Muncul Saat Uang Rupiah Baru Disorot Sinar UV

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Uang rupiah baru disinari UV (Twitter)

Uang baru tahun emisi 2016 memiliki ornamen unik jika disorot ultraviolet.

Solopos.com, SOLO – Uang rupiah kertas Tahun Emisi (TE) 2016 memiliki tampilan unik jika disorot dengan sinar Ultraviolet (UV). Ornamen-ornamen khas Indonesia yang tak tampak saat uang dilihat dengan mata telanjang muncul saat uang disorot dengan sinar UV.

Advertisement

Bank Indonesia meresmikan 11 pecahan uang baru TE 2016 pada 19 Desember 2016. Uang baru tersebut antara lain tujuh pecahan uang kertas dan empat pecahan uang logam. Pembicaraan mengenai uang kertas baru menampilkan ornamen unik saat disorot sinar UV menjadi ramai di media sosial saat pengelola akun Twitter TNI Angkatan Udara @_TNIAU mengunggah foto-foto tersebut.

“Airmen sekalian sudah tahu cetakan terbaru uang rupiah @bank­indonesia bukan? Ternyata penampakannya di bawah sinar UV indah lho,” tulis pengguna akun @_TNIAU, Selasa (24/1/2017).

Advertisement

“Airmen sekalian sudah tahu cetakan terbaru uang rupiah @bank­indonesia bukan? Ternyata penampakannya di bawah sinar UV indah lho,” tulis pengguna akun @_TNIAU, Selasa (24/1/2017).

Dalam cuitan itu pengelola akun @_TNIAU mengunggah tiga pecahan uang kertas, yaitu Rp100.000, Rp50.000, dan Rp10.000. Ketiga pecahan itu difoto saat berada di bawah paparan sinar ultraviolet.

Saat disorot sinar UV, pada uang pecahan Rp100.000, sisi yang bergambar Soekarno dan Hatta akan nampak ornamen batik dan peta wilayah Negara Kepulauan Republik Indonesia (NKRI). Bagian angka 100.000 juga nampak menyala.Untuk sisi yang bergambar Tari Topeng Betawi akan menampilkan bunga anggrek dan Burung Elang Bondol.

Advertisement

Pada pecahan Rp10.000, sisi yang bergambar Frans Kasiepo akan muncul motif batik, wilayah NKRI, dan angkat 10.000 yang menyala. Untuk sisi yang bergambar Tarti Pakarena akan muncul Bunga Cempaka dan Tangkasi.

Berdasarkan cuitan tersebut, pengelola akun Twitter Bank Indonesia @bank­_indonesia, memberi konfirmasi berupa penjelasan detail. Berdasarkan keterangan pengelola akun twitter resmi tersebut, uang rupiah TE 2016 memang memiliki tampilan ornamen baru saat dilihat dengan sinar UV.

“Ketika #RupiahNKRI kertas dilihat dengan sinar Ultraviolet (UV) dari sisi depan/belakang hasil cetak akan memendar & menghasilkan ornamen baru,” cuit akun @bank_indonesia.

Advertisement

Akun tersebut juga menyatakan jika tampilan baru merupakan bagian dari keamanan uang TE 2016. Semua ornamen diadaptasi dari kekayaan alam, adat, dan budaya Indonesia.


Dalam penjelasan resmi Bank Indonesia itu selain ornamen-ornamen khas indonesia, saat disorot dengan sinar UV muncul beberapa fitur keamanan lain seperti benang pengaman memendarkan cahaya, bidang persegi bertuliskan BI, dan perubahan warna nomor seri.

Advertisement
Kata Kunci : Trending Sosmed Uang Baru
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif