News
Jumat, 27 Januari 2017 - 13:10 WIB

Disorot Sinar UV, Muncul Lambang Naruto di Uang Rupiah Baru?

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Motif batik mega mendung dianggap netizen awan akatsuki (Twitter)

Ornamen khas indonesia muncul di uang baru saat disorot Sinar Ultraviolet.

Solopos.com, JAKARTA – Bank Indonesia meresmikan desain baru uang rupiah pada 19 Desember 2016. Uang versi baru itu disebut uang Tahun Emisi (TE) 2016. Belum lama ini beredar foto tampilan uang baru yang disorot sinar ultraviolet (UV). Seorang netizen menyebut ada uang yang bergambar awan Akatsuki, seperti yang biasa muncul di serial kartun atau komik Naruto.

Advertisement

Pembicaraan mengenai hal ini bermula saat pengelola akun twitter resmi TNI Angkatan Udara @_TNIAU mengunggah foto uang TE 2016 yang disorot sinar UV. Melalui sorotan sinar UV terlihat ornamen yang sebelumnya tak terlihat.

Dalam gambar nampak ornamen batik, tumbuhan, dan hewan khas Indonesia. Cuitan tersebut dikonfirmasi oleh pengelola akun Twitter resmi Bank Indonesia @bank­­­_indonesia. Si pengelola membenarkan foto tersebut dan menegaskan setiap pecahan kertas uang TE 2016 memang memiliki ornamen tersembunyi yang hanya bisa dilihat di bawah sorotan sinar UV.

Pengelola akun @bank_indonesia menjelaskan ornamen tersembunyi itu ada di sisi depan dan belakang uang kertas TE 2016. Seluruh ornamen itu diadaptasi dari kekayaan alam, adat, dan budaya Indonesia. Tujuan penerapan teknologi ini untuk keamanan uang TE 2016.

Advertisement

Melalui Twitter resmi itu kemudian dijelaskan secara detail ornamen tersembunyi yang ada di semua pecahan uang kertas TE 2016. Saat pengelola akun @bank­_Indonesia menanyai netizen ornamen mana yang menjadi favorit mereka, ada beberapa netizen memberi jawaban usil.

Dipantau Solopos.com, melalui media sosial Twitter, Kamis (26/1/2017), ada dua netizen yang memberi komentar dengan nada candaan dengan menyebutkan ada motif awan akatsuki di uang pecahan Rp50.000.

“yang ada awan Akatsuki min,” cuit pengguna akun @younkq.

Advertisement

“Di pecahan Rp50.000 kenapa ada lambang Naruto?” cuit pengguna akun @Nugarislucu.

Komentar itu membuat beberapa netizen ikut angkat bicara. Ada yang melanjutkan dengan respons bercanda. Ada juga yang memberi jawaban serius dengan menyatakan ornamen batik yang dianggap awan Akatsuki adalah motif batik mega mendung.

Cuitan dengan nada bercanda itu pun mendapat konfirmasi dari akun resmi Bank Indonesia. Pengelola menegaskan awan itu bukan Akatsuki dari Naruto atau awan kinton Dragon Ball. Itu adalah motif batik mega mendung khas Cirebon.

“Itu bukan awan akatsuki-nya Naruto dan bukan awan kinton-nya Dragon Ball mas, itu motif Batik Mega Mendung khas Cirebon,” tulis pengelola akun @bank_indonesia.

Advertisement
Kata Kunci : Trending Sosmed Uang Baru
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif