News
Kamis, 26 Januari 2017 - 14:45 WIB

Bangun Dinding Perbatasan, Trump Dikecam Presiden Mexico

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Donald Trump. (JIBI/Reuters/David Becker)

Presiden AS bakal melanjutkan pembangunan dinding perbatasan AS dan Mexico.

Semarangpos.com, WASHINGTON — Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menginstruksikan para pejabat untuk segera membangun dinding di sepanjang perbatasan Meksiko. Hal itu disampaikan Trump saat mengunjungi Departemen Keamanan Dalam Negeri.

Advertisement

“Negara bukanlah lagi negara jika tanpa perbatasan,” ujar Trump meniru ucapan mantan presiden Ronald Reagan seperti dikutip Dailymail.co.uk, Kamis (26/1/2017). “Mulai hari ini, AS akan kembali menontrol perbatasannya,” imbuh politikus Partai Republik itu.

Beberapa perbatasan sebenarnya sudah memiliki pagar, namun Trump mengatakan dinding sangat diperlukan untuk menghentikan imigran ilegal yang masuk dari Amerika Selatan.

Selang beberapa saat, Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto, menyesalkan kebijakan yang diambil Trump tersebut. Dia bahkan mengecam keputusan ini.

Advertisement

“Saya menyesal dan mengecam keputusan AS untuk melanjutkan pembangunan dinding yang selama bertahun-tahun telah memecah kedua negara, bukannya menyatukan,” Ujar Pena Nieto.

Ia juga menambahkan tak akan membayar pembangunan dinding tersebut. “Saya juga telah mengatakan berulang kali Meksiko tak akan akan membayar dinding apa pun yang akan dibangun,” imbuh Pena Nieto.

Sementara itu, Seorang pejabat Meksiko, mengatakan bahwa Pena Nieto akan mempertimbangkan kembali rencananya untuk bertemu Trump di Washington.

Advertisement

Pernyataan bertolak belakang diungkapkan anggota Kongres AS Luis Gutierrez. Dia malah menyebut pembangunan ini bakal menyenangkan konstituen Donald Trump.

“Saya menduga banyak pendukung Trump yang akan senang dengan patung jari tengah besar yang menunjuk ke selatan,” kata.

Isu imigrasi ini adalah sesuatau yang digembar-gemborkan Trump semasa kampanye. Saat kampanye ia berujar akan membangun dinding sepanjang 3.200 km di perbatasan antara AS dan Meksiko. Isu itu pun berhasil membuat pemilih terpincut kepada Trump. Sebuah jajak pendapat merilis hasil yang mengungkap bahwa 47 persen pemilih mendukung pembangunan dinding, dan 45 persen menolak.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif