Soloraya
Selasa, 24 Januari 2017 - 21:40 WIB

PDAM SOLO : Panel Mesin Pompa Rusak, Suplai Air ke Solo Utara Sempat Terganggu

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi air PDAM (JIBI/Solopos.com/Dok.)

PDAM Solo, suplai air PDAM Solo terganggu selama kurang lebih 10 jam karena panel mesin pompa rusak.

Solopos.com, SOLO — Panel mesin pompa Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Jebres milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Solo rusak pada Senin (23/1/2017) malam. Akibatnya pelayanan air untuk wilayah Solo bagian utara terganggu.

Advertisement

Wilayah yang terdampak meliputi Mojosongo, Debegan, Kedung Tungkul, Tawangsari, Sabrang Lor, dan sekitarnya. “Segera kami tangani pada tengah malam. Saat subuh tadi air sempat tidak mengalir,” kata Maryanto, Direktur Utama PDAM Solo, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Selasa (24/1/2017).

Maryanto menerangkan kerusakan terjadi pada panel pompa air baku. Akibatnya, pengambilan air baku dari Sungai Bengawan Solo terganggu.

“Yang rusak panel tapi mengeceknya juga harus ke bawah, ke pompa. Tidak sekadar di panelnya untuk memastikan apakah pompa terjadi korsleting atau tidak. Saya mendapat kabar perbaikan sudah selesai pukul 9.00 WIB. Sekarang air kembali mengalir normal. Tapi secara bertahap untuk sampai ke Mojosongo bagian utara yang lokasinya lebih tinggi,” terangnya.

Advertisement

Guna melayani kebutuhan air pelanggan di daerah yang terdampak, PDAM mengirim dua unit truk tangki berkapasitas masing-masing 3.000 liter ke Kampung Sabrang Lor, Mojosongo. Truk diminta tiba di lokasi maksimal pukul 6.00 WIB.

“Kami drop air menggunakan dua unit truk tangki. Truk tiba di lokasi pukul 5.30 WIB. Air bisa dipakai warga untuk memasak, mandi, dan persiapan lain sebelum kerja atau ke sekolah. Kami meminta tim untuk mengevaluasi secara teknis kerusakannya serta mengatasi pelayanan yang sempat terganggu,” terang Maryanto.

Ketua RW 007 Kampung Kedung Tungkul, Kelurahan Mojosongo, Sukidi, mengatakan tak mengetahui pelayanan air PDAM sempat terganggu. Air PDAM di wilayahnya mengalir lancar seperti biasanya.

Advertisement

“Saya enggak tahu ada pemberitahuan pelayanan air sempat terganggu. Air di sini mengalir seperti biasanya,” kata Sukidi sembari memutar keran air yang mengalir deras di rumahnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif