News
Senin, 23 Januari 2017 - 16:30 WIB

Usai Diperiksa 4 Jam, Rizieq Minta BI Tarik Uang Rupiah Baru

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Habib Rizieq Shihab (tengah) tiba di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (23/1/2017) lalu. (JIBI/Solopos/Antara/Reno Esnir)

Seusai diperiksa 4 jam terkait ceramah “palu arit”, Rizieq Shihab meminta BI menarik uang rupiah emisi baru.

Solopos.com, JAKARTA — Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menolak dirinya disebut memfitnah atau menuduh terkait pernyataan soal persepsinya tentang “palu arit”. Dia justru meminta Bank Indonesia agar segera menarik lembaran uang baru rupiah itu.

Advertisement

Hal ini disampaikan Rizieq di Polda Metro Jaya seusai menjalani pemeriksaan selama sekitar 4 jam. Pemeriksaan berakhir sekitar pukul 15.00 WIB dan Rizieq mendapat 23 pertanyaan.

“Makanya kita minta untuk segera menarik uang kertas baru dari pecahan 1.000 sampai 100.000 yang semuanya memberikan persepsi ada logo palu arit PKI di mata uang kertas itu,” katanya, Senin (23/1/2016).

Rizieq juga memprotes pemilihan bentuk logo yang digunakan sebagai pengaman uang kertas pada lembar uang baru tahun emisi 2016. Dia mengemukakan ada banyak alternatif logo Bank Indonesia secara rectoverso yang bisa diterapkan pada lembar uang kertas baru.

Advertisement

“Sebetulnya, teknologi pengamanan uang kertas dengan rectoverso itu memiliki ribuan bahkan jutaan alternatif bentuk. Ini contohnya. Kan bentuknya bisa seperti ini, seperti ini, bisa jutaan bentuk. Yang jadi persoalan, kenapa Bank Indonesia memilih rectoverso dengan bentuk ini,” kata Rizieq sembari menunjukkan beberapa bentuk alternatif yang dimaksud.

Rizieq meminta agar pemerintah memberikan penjelasan terkait pemilihan logo yang disebut memberikan persepsi mirip logo palu arit. Dia juga membantah bahwa dirinya berniat memfitnah atau menuduh.

“Saya diperiksa dalam rangka memberikan keterangan. Saya sampaikan bahwa saya tidak memfitnah dan menuduh,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif