Sport
Senin, 23 Januari 2017 - 23:30 WIB

PIALA AFRIKA 2017 : Grup A: Burkina Faso & Kamerun Lolos

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Burkina Faso merayakan gol. (JIBI/REUTERS/Mike Hutchings)

Piala Afrika 2017 diwarnai dengan lolosnya Burkina Faso dan Kamerun dari Grup A.

Solopos.com, FRANCEVILLE – Grup A memainkan laga terakhir fase grup pada Senin (23/1/2017) dini hari WIB. Kamerun bermain imbang melawan tuan rumah Gabon, sedangkan Burkina Faso sukses menaklukkan Guinea Bissau.

Advertisement

Gabon yang diperkuat Pierre-Emerick Aubameyang membutuhkan kemenangan untuk bisa lolos ke babak perempatfinal Piala Afrika 2017. Namun sang tuan rumah hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Kamerun.

Tak banyak peluang bersih dicatat di laga itu. Gabon hanya mampu membuat enam attempts dengan satu tembakan on target sepanjang 90 menit. Sementara Kamerun juga cuma punya satu tembakan on target dari total sembilan percobaan.

Di partai lain, Burkina Faso mampu mengalahkan Guinea-Bissau dengan skor 2-0. Burkina Faso mampu unggul cepat di menit ke-11 setelah Rudinilson Silva membuat gol bunuh diri. Mereka kemudian menambah keunggulan lewat Bertrand Traore di menit ke-57.

Advertisement

Di laga itu sendiri, Guinea Bissau tampil dominan dengan penguasaan bola sebesar 55%. Guinea Bissau juga membikin 17 attempts dengan tiga on target. Sementara Burkina Faso hanya membuat delapan attempts dengan satu tepat sasaran.

Hasil-hasil tersebut membuat Burkina Faso dan Kamerun menjadi wakil grup A yang berhasil lolos. Sementara tuan rumah Gabon dan Guinea Bissau dipastikan tersingkir. Burkina Faso menjadi juara grup dengan lima poin, diikuti Kamerun yang juga memiliki poin yang sama.

Di fase knock-out nanti, Burkina Faso akan menghadapi runner up Grup B yang masih diperebutkan Tunisia, Aljazair, dan Zimbabwe. Sementara Kamerun akan berjumpa dengan juara grup B yang sudah digenggam oleh Senegal.

Advertisement

Klasemen Akhri Grup A
No Tim Main Poin
1. Burkina Faso 3 5
2. Cameroon 3 5
3. Gabon 3 3
4. Guinea-Bissau 3 1

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif