Jateng
Senin, 23 Januari 2017 - 16:50 WIB

KRIMINALITAS JATENG : Kapolda Jamin Warga Cukup 3 Kali Ketuk Panic Botton

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng, Irjen Pol. Condro Kirono (tengah). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Kriminalitas Jateng bakal dihadapi polisi Jateng asalkan warga tiga kali mengetuk Panic Botton. Kapolda Irjen Pol Condro Kirono menjaminnya.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Condro Kirono menjamin adanya penanganan polisi jika ada warga yang tiga kali mengetuk Panic Botton, aplikasi telepon seluler penangkal kriminalitas.

Advertisement

Aplikasi telepon seluler Panic Botton itu dirancang Polri untuk mendukung Sistem Manajemen Informasi Layanan Elektronik Kepolisian. Panic Botton itu ditujukan bagi masyarakat yang mengalami atau mendapati tindak kejahatan di sekitar mereka.

“Melalui aplikasi ini, masyarakat yang butuh bantuan bisa segera direspons oleh kepolisian,” kata Kapolda di Kota Semarang, Senin (23/1/2017

Menurut Kapolda Condro Kirono, masyarakat cukup mengunduh aplikasi tersebut melalui telepon pintar mereka. “Kenapa harus tiga kali ketukan, untuk antisipasi jika tidak sengaja tersentuh,” katanya.

Advertisement

Menurut dia, aplikasi Panic Botton di wilayah Jawa Tengah telah distandardisasi. Dengan demikian, kata dia, seluruh polres di wilayah hukum Polda Jateng telah seragam dalam penerapan aplikasi tersebut.

Ia menjelaskan masyarakat yang mengalami atau melihat langsung tindak kejahatan bisa melapor langsung melalui aplikasi tersebut. “Masyarakat yang butuh bantuan akan bisa segera direspons,” katanya.

Adapun cara kerja aplikasi tersebut, lanjut dia, laporan masyarakat melalui pesan dari Panic Botton diterima command center di masing-masing mapolres. Laporan tersebut selanjutkan akan langsung diteruskan kepada polisi terdekat dari lokasi kejadian.

Advertisement

“Para anggota sudah dilatih tentang penggunaan aplikasi ini,” katanya. Aplikasi penanggulangan kriminalitas Jateng itu, lanjut Condro Kirono, baru akan diluncurkan Jumat (3/2/2016) mendatang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif