News
Minggu, 22 Januari 2017 - 15:52 WIB

Pemerintah Pulangkan "Elisa", TKW di Oman Pembuat Video Viral

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rekaman TKW nangis yang diunggah @lambe_turah. (Istimewa/Instagram)

Pemerintah memulangkan TKW di Oman pembuat video viral di akun Elisa Poetre Karawang, ke Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah Indonesia telah memulangkan tenaga kerja wanita (TKW) yang mengunggah video pengaduannya terkait kekerasan majikan melalui akun Facebook selama bekerja di Salalah, Oman, yaitu Aciah binti Alih.

Advertisement

KBRI Muscat telah menghubungi majikan Aciah binti Alih (nama asli pengunggah video), yang mempunyai akun Facebook Elisa Poetre Karawang?. KBRI juga meminta klarifikasi mengenai pengaduan tersebut.

“Aciah? telah dipulangkan ke Indonesia sejak 20 Januari 2017 atas biaya majikan,” tulis pihak KBRI Muscat dalam siaran pers yang dikutip Bisnis/JIBI, Minggu (22/1/2017).

Aciah selama 2 tahun terakhir bekerja sebagai penata laksana rumah tangga di keluarga majikannya di Salalah (sekitar 1.000 km dari Muscat). Pihak majikan Aciah sangat kooperatif dan telah menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya.

Advertisement

Majikan tersebut telah dipastikan memenuhi kesepakatan yang dibuat dengan pihak KBRI. Kondisi fisik Aciah juga sudah diperiksa dan dalam keadaan baik.

Sebelumnya, Aciah mengunggah video pengaduannya di media sosial terkait tindakan kekerasan oleh majikan. Video yang tersebar melalui Facebook, YouTube, dan Instagram tersebut menjadi viral? dalam beberapa hari terakhir.?

Dia mengaku dianiaya majikannya dan tidak bisa ke mana-mana karena dikurung majikan di kamar. Pemilik akun Elisa ini membuat rekaman video yang disebar via jejaring sosial. Baca juga: TKW yang Dikurung Majikan Hobi Main Smule dan Sebut Majikannya Onta.

Advertisement

Akun Instagram @lambe_turah, mengunggah video seorang wanita berjilbab sedang menangis. Akun ini menyebut wanita dalam video itu adalah seorang TKW bernama Elisa yang mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari majikannya.

“Video ini dibikin 16 Januari 2017 kemarin. Tapi skrg hp nya dah disita majikannya. Monggo di bagikan biar cepet dilacak,” demikian ditulis @lambe_turah di keterangan video yang diunggah Kamis (19/1/2017) siang WIB itu.

Rekaman itu memperlihatkan Elisa menangis sebelum akhirnya mengunggkapkan apa yang dialami dirinya. “Coba saya ditempeleng, lihat, Majikan saya pakai cara kekerasan,” katanya. “Tolongin saya di Oman dianiaya,” katanya lagi.

Video ini awalnya diunggah ke akun Facebook Elisa Poetre Karawang yang diklaim sebagai milik pribadi Elisa. Dia mengaku TKW berasal dari Pandeglang, Banten.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif