News
Minggu, 22 Januari 2017 - 07:00 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini 22 Januari

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - George Metesky Mad Bomber (boweryboyhistory.com)

Inilah catatan peristiwa dunia hari ini 22 Januari.

Solopos.com, SOLO – Pada 22 Januari terjadi beragam peristiwa di berbagai belahan dunia. Dihimpun Solopos.com dari laman Brainyhistory, Thepeoplehistory, dan Wikipedia, berikut beberapa peristiwa tersebut:

Advertisement

1517
Kerajaan Ottoman di bawah pimpinan Raja Selim I berhasil menaklukkan Kesultanan Mamluk dan beberapa wilayah Mesir dalam pertempuran Ridaniya. Selim I dikenal sebagai raja yang tegas. Ia dikenal gigih melakukan ekspansi ke berbagai wilayah demi memajukan kejayaan kerajaannya.

1943
Pasukan militer Amerika Serikat mengebom kereta Italia yang mengangkut sejumlah pelajar yang akan berguru kepada Adolf Hitler. Hal itu dilakukan agar Benito Mussolini, pemimpin Italia kala itu, memerangi Jerman yang berada di bawah kekuasaan Hitler.

Advertisement

1943
Pasukan militer Amerika Serikat mengebom kereta Italia yang mengangkut sejumlah pelajar yang akan berguru kepada Adolf Hitler. Hal itu dilakukan agar Benito Mussolini, pemimpin Italia kala itu, memerangi Jerman yang berada di bawah kekuasaan Hitler.

1946
Qazi Muhammad mengumumkan berdirinya Republik Mahabad di Lapangan Chahar Cheragh di kota Kurdi Mahabad. Ia kemudian melantik dirinya menjadi presiden di wilayah tersebut. Sayangnya, kekuasaannya tak berlangsung lama lantaran negara ini dibubarkan akibat terlibat krisis dengan pemerintah Iran.

1957
Sepak terjang George Metesky sebagai Mad Bomber terungkap. Ia ditangkap di rumahnya yang berada di kawasan Waterbury, Amerika Serikat. Ia ditangkap akibat menanam bom di perusahaan listrik Consolidated Edison yang ada di New York, Amerika Serikat pada 1940. Tindakan nekat itu sengaja dilakukan karena Metesky merasa sakit hati dengan perusahaan tersebut karena tidak mau memberi kompensasi atas ledakan yang terjadi di perusahaan tersebut pada 1931.

Advertisement

1973
Pesawat model Boeing 707 yang mengangkut ratusan penumpang ke bandara Kano, Nigeria meledak dan terbakar saat akan mendarat. Peristiwa nahas itu menyebabkan 176 penumpang tewas.

1984
Macintosh, komputer personal yang diproduksi oleh Apple kali pertama memperkenalkan penggunaan mouse dan graphical user interface (sistem antar-muka) melalui iklan Super Bowl XVII di televisi.

1987
Pasukan militer Filipina melepaskan tembakan ke arah demostran yang berunjuk rasa di jembatan Mendiola yang menghubungkan kota dengan Istana Malacanang. Bentrokan yang terjadi antara pasukan militer dengan para demonstran itu membuat 13 orang tewas.

Advertisement

2006
Evo Marales dilantik sebagai presiden Bolivia. Ia menjadi orang pribumi pertama yang menjabat sebagai kepala negara sejak penjajahan Spanyol selama lebih dari 470 tahun. Ia adalah aktivis masyarakat yang berasal dari suku Indian.

2009
Barack Obama membuat surat perintah untuk menutup penjara Guantanamo selama satu tahun. Ia meminta petugas yang berjaga di penjara tersebut menangguhkan penahanan dan menyelidiki kebenaran tentang kejahatan yang dilakukan para narapidana.

2014
Pemerintah Afrika Selatan memerintahkan pematung mengeluarkan patung kelinci perunggu yang diletakkan dalam telinga patung Nelson mandela. Kabarnya, kelinci tersebut sengaja diletakkan oleh pematung sebagai penanda sekaligus menggambarkan proses pembuatan yang tergesa-gesa. Pemerintah kemudian memerintahkan pematung untuk mengambil kelinci tersebut karena dinilai sebagai penghinaan. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif