News
Sabtu, 21 Januari 2017 - 07:00 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini 21 Januari

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kapal selam USS Nautilus (Ussnautilus.org)

Inilah catatan peristiwa dunia hari ini 21 Januari.

Solopos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa di berbagai belahan dunia pada 21 Januari. Dirangkum Solopos.com dari laman Brainyhistory, Thepeoplehistory, dan Wikipedia inilah peristiwa tersebut:

Advertisement

1793
Raja Louis XVI dari Prancis dihukum mati setelah dinyatakan bersalah atas dakwaan pengkhianatan terhadap Konvensi Nasional. Ia dihukum pancung menggunakan sebuah alat bernama guillotine. Alat ini dirancang khusus untuk membunuh seseorang yang diberi hukuman mati secara cepat dan manusiawi.

1924
Perdana Menteri Uni Soviet, Vladimir Lenin meninggal dalam usia 54 tahun karena penyakit stroke yang dideritanya. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai politikus yang menggagas berbagai teori politik Rusia modern.

Advertisement

1924
Perdana Menteri Uni Soviet, Vladimir Lenin meninggal dalam usia 54 tahun karena penyakit stroke yang dideritanya. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai politikus yang menggagas berbagai teori politik Rusia modern.

1948
Bendera Quebec kali pertama resmi dikibarkan di depan Dewan Nasional Quebec. Sejak saat itu, setiap tanggal 21 Januari diperingati sebagai hari ulang tahun Quebec yang merupakan provinsi terbesar di Kanada.

1954
USS Nautilus, kapal selam bertenaga nuklir pertama di dunia diresmikan di Groton, Connecticut oleh Mamie Eishower, istri Presiden Amerika Serikat Dwight D. Eisenhower. Kapal tersebut merupakan rancangan seorang insinyur Rusia, Kapten Hyman G. Rickover. Kapal itu dibuat untuk membantu tugas pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat.

Advertisement

2008
Bahasa Eyak yang merupakan bahasa asli masyarakat Alaska punah setelah kematian penutur terakhirnya, Marie Smith Jones. Penyebaran bahasa Inggris dan tekanan atas bahasa asli menjadi salah satu faktor penyebab minimnya masyarakat yang menguasai bahasa tradisional tersebut.

2010
Pemerintah Amerika Serikat melalui Hillary Clinton meminta pemerintah Tiongkok untuk menyelidiki serangan siber (cyber attacks) yang terjadi pada mesin pencari Google. Clinton mengatakan serangan siber dan penyensoran isi laman suatu situs oleh pemerintah Tiongkok menyebabkan kekhawatiran serius. Sementara itu, pemerintah Tiongkok beranggapan masalah ini merupakan kesalahpahaman bisnis. Lebih lanjut meraka berharap hal tersebut tidak mengganggu hubungan antara Amerika Serikat dengan Tiongkok.

2012
Laura Dekker, seorang remaja asal Belanda menjadi pelaut termuda yang sukses mengelilingi dunia dengan mengarungi lautan. Perjalanan itu ia lakukan seorang diri. Ia hanya membutuhkan waktu selama satu tahun untuk menjelajahi lautan demi memuaskan hasratnya berkeliling dunia.

Advertisement

2013
Perdana Menteri Luksemburg, Jean Claude Juncker kehilangan posisinya sebagai direktur Euro Group karena disingkirkan oleh Jeroen Dijsselbloem, Menteri Keuangan Belanda.

2014
Seekor burung beo diikutsertakan dalam pemilihan umum dewan lokal di Belarusia. Pencalonan burung beo ini diajukan oleh seorang aktivis bernama kanstantsin Zhokuoski. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif