Sport
Jumat, 20 Januari 2017 - 21:00 WIB

Tak Main-Main, Ini Target Tinggi PSSI untuk Luis Milla

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Luis Milla (Liputan6.com)

Luis Milla resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi menunjuk Luis Milla sebagai pelatih Timnas Indonesia. Pelatih asal Spanyol itu pun dibebani target tinggi demi kemajuan sepak bola Tanah Air.

Advertisement

Milla diperkenalkan PSSI sebagai pelatih baru Timnas dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (20/1/2017). Pelatih 50 tahun itu dikontrak selama dua tahun. Beberapa target pun sudah dibebankan kepada Milla. Salah satunya adalah meraih medali emas di ajang SEA Games 2017 di Malaysia.

“Kami mau juara satu di SEA Games dan posisi empat besar di Asian Games 2018,” ujar Sekjen PSSI, Ade Wellington, seperti dikutip dari Antaranews.com, Jumat.

Maklum, Indonesia memang sudah lama tak meraih emas di SEA Games cabang sepak bola. Kali terakhir Tim Garuda mendapat emas SEA Games cabang sepak bola adalah pada edisi 1991 silam.

Advertisement

Ade sendiri mengungkapkan PSSI cukup optimistis dengan keberadaan Luis Milla di kursi kepelatihan timnas senior dan timnas U-23 yang akan dibawa ke SEA Games. Pengalaman bermain pria berusia 50 tahun itu di Barcelona dan Real Madrid, serta membawa timnas U-21 Spanyol menjadi juara Eropa diyakini bisa membawa angin segar bagi prestasi sepak bola nasional.

Demi mencapai target tersebut, PSSI bakal membantu Milla dengan menyediakan 50 nama pesepak bola terbaik Indonesia untuk dipantau serta dipertimbangkan masuk tim. PSSI juga sudah menyiapkan program pemusatan latihan jangka menengah, sekitar satu sampai dua bulan di luar negeri.

“Akan ada beberapa uji coba sampai tujuh bulan ke depan, termasuk yang tergolong pertandingan FIFA,” tutur Ade.

Advertisement

Milla sendiri baru akan secara efektif sebagai pelatih Timnas Indonesoa pada 8 Februari 2017 mendatang. Dalam masa kontrak dua tahun itu, dia akan ditinjau pencapaian setahun sekali. Selain berprestasi di SEA Games dan Asian Games, Luis Milla juga diharapkan dapat mendongkrak posisi Indonesia di rangking FIFA.

“Realistisnya, kami ingin Indonesia berada di posisi 130 sampai akhir tahun,” kata Ade.

Di sisi lain, Milla belum mau bicara banyak soal target yang dibebankan PSSI kepadanya. Dia hanya ingin bekerja sebaik mungkin. Menurutnya, target-target itu masih terlalu dini untuk dibicarakan.

“Targetnya adalah semaksimal mungkin dan setinggi mungkin untuk mendapatkan potensi maksimal dari pemain-pemain dan menggunakan alat yang tepat untuk mengeluarkan potensi maksimal itu,” ungkap Milla, dikutip dari Liputan6.com.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif