Sport
Jumat, 20 Januari 2017 - 04:30 WIB

LIGA JERMAN : Bayern Munchen Dituntut Langsung Panas

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bayern Munchen (JIBI/REUTERS/Michael Dalder)

Liga Jerman akan menyajikan duel Freiburg vs Bayern Munchen.

Solopos.com, FREIBURG — Es dan salju masih turun di tanah Jerman. Musim dingin di negeri dengan luas 357.618 kilometer persegi itu memang diperkirakan berlangsung hingga Maret 2017.

Advertisement

Namun situasi serba dingin ini agaknya bakal sedikit menghangat di Schwarzwald-Stadion, kandang Freiburg. Pada Sabtu (21/1/2017) dini hari WIB, tuan rumah bakal menjamu pemuncak klasemen Bayern Munchen di laga lanjutan Bundesliga Jerman.

Ya, hampir sebulan Liga Jerman menjalani jeda kompetisi. Jeda liburan ini terhitung paling panjang dibanding kompetisi lain di Benua Eropa. Lamanya jeda kompetisi ini tentu bisa menjadi bumerang jika tim tak mampu memersiapkan diri jelang paruh kedua musim. Hal ini disadari Munchen yang kini masih kokoh di puncak dengan 39 poin, berjarak tiga poin dari Leipzig di posisi kedua.

Saat libur musim dingin, Die Roten, julukan Bayern, hanya melakukan satu laga ujicoba melawan klub Belgia, AS Eupen. Pertandingan itu dimenangi Bayern dengan skor telak 5-0. Sisanya penggawa Die Roten menghabiskan waktu di bawah terik matahari di Doha, Qatar, untuk menjalani pemusatan latihan.

Advertisement

Perbedaan suhu yang cukup tajam langsung membuat Arjen Robben, Robert Lewandowski dan Javi Martinez jatuh sakit setiba mereka di Jerman. Untungnya Robben dkk. belakangan sudah kembali berlatih dan diharapkan tampil melawan Freiburg.

Melihat tradisi saat tampil usai libur musim dingin, Die Roten agaknya harus waspada terhadap kejutan tuan rumah. Beberapa musim lalu, Bayern pernah dihancurkan Wolfsburg 1-4 di laga pertama setelah libur panjang. Melongok performa Freiburg yang tak jelek-jelek amat, berada di posisi delapan, tuan rumah bisa memberi kado yang tak mengenakkan bagi Mats Hummels dkk.

Terlebih Freiburg sukses mengatasi Bayern 2-1 di kandang musim lalu. “Kami sekarang di atas Leipzig [di klasemen], tapi kami hanya unggul tiga poin. Kami bisa kehilangan posisi hanya dengan satu kekalahan, ujar Robben seperti dilansir ESPN.

Advertisement

Bayern kemungkinan masih akan tanpa Arturo Vidal yang cedera. Di sisi lain, kabar pensiunnya gelandang Xabi Alonso di musim panas bisa sedikit banyak mengganggu persiapan tim. Kapten Phillip Lahm juga berencana mengikuti Alonso untuk gantung sepatu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif