News
Jumat, 20 Januari 2017 - 20:30 WIB

Jika Trump Penuhi Janji, China Kena Duluan, Lalu Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Melania Trump dan Donalad Trump (News.com.au)

Jika Donald Trump memenuhi janjinya, diperkirakan China akan terkena dampak langsung, baru negara lain seperti Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memperkirakan perekonomian Indonesia akan mengalami dampak tidak langsung bila Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump merealisasikan seluruh janji kampanyenya.

Advertisement

Selama kampanye, Trump menggembar-gemborkan sejumlah rencananya di bidang ekonomi, di antaranya memangkas pajak perusahaan dan masyarakat kelas menengah, renegosiasi sejumlah perjanjian dagang, serta menaikkan tarif barang impor dari China.

Menurut JK, Indonesia akan mendapat dampak tidak langsung bila Trump merealisasikan janji kampanyenya di bidang ekonomi. China, merupakan negara yang akan mengalami dampak langsung terhadap kebijakan ini.

“Kita akan mendapatkan efek tidak langsung, bukan efek langsung. Efek tidak langsung adalah China kena dulu, kalau China kena, ekspor barangnya akan menurun maka impor bahan bakunya juga akan menurun,” katanya di Kantor Wakil Presiden, Jumat (20/1/2017).

Advertisement

Dalam keadaan seperti itu, Wapres mengatakan harga komoditas akan kembali turun yang mengakibatkan perdagangan dunia akan kembali tertekan. Menurut JK, Trump yang notabene merupakan pengusaha, dinilai tidak mungkin menjalankan kebijakan proteksionisme yang terlalu keras, sehingga perdagangan dunia diharapkan tetap akan stabil.

“Trump selaku pengusaha saya rasa tahu bahwa tidak akan mudah menjalankan sifat proteksionisme yang terlalu keras. Bahwa mungkin menjaga industri tertentu seperti mobil, mungkin ya, tapi tidak semuanya,” jelas Wapres.

Kendati demikian, JK mengajak semua pihak untuk menunggu konkret rencana ekonomi AS dalam empat tahun kedepan. Trump baru akan diambil sumpahnya di Capitol Building, Washington D.C pada 20 Januari waktu setempat.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif