News
Jumat, 20 Januari 2017 - 18:45 WIB

10 Fakta Menarik Pelantikan Donald Trump Jadi Presiden ke-45 AS

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Donald Trump (Washingtonpost)

Ada 10 fakta menarik pelantikan Trump menjadi presiden ke-45 AS.

Solopos.com, SOLO – Pelantikan Donald Trump menjadi presiden ke-45 Amerika Serikat tinggal menunggu jam. Pengusaha ternama dunia itu bakal disumpah sambil memegang Alkitab yang dulu dipakai Abraham Lincoln di tangan kirinya, Jumat (20/1/2017) .

Advertisement

Setelah pengambilan sumpah, ia akan memberi pidato di bagian barat US Capitol dan diarak ke Gedung Putih. Berikut ini 10 fakta menarik pelantikan Trump, dikutip Antara dari Reuters, Jumat:

1. Cuaca diprediksi basah namun hangat. Layanan Cuaca Nasional (National Weather Service) AS meramalkan temperatur di titik 8 derajat Celsius dan hujan pada tengah hari.

Advertisement

1. Cuaca diprediksi basah namun hangat. Layanan Cuaca Nasional (National Weather Service) AS meramalkan temperatur di titik 8 derajat Celsius dan hujan pada tengah hari.

2. Setelah sarapan dan ibadah gereja, Trump dan istrinya Melania akan menemui Presiden Barack Obama beserta Ibu Negara Michelle Obama di Gedung Putih. Sesuai tradisi, Trump dan Obama akan naik mobil bersama dari Pennsylvania Avenue ke Capitol.

3. Ketua Mahkamah Agung AS John Roberts yang akan mengambil sumpah Trump. Hakim Agung Clarence Thomas akan mengambil sumpah Mike Pence sebagai wakil presiden.

Advertisement

5. Sekitar 900.000 orang diperkirakan akan datang, termasuk ribuan di antaranya merupakan demonstran. Setelah upacara, keluarga Obama akan meninggalkan Capitol. Trump dan Pence tinggal untuk makan siang.

6. Sekitar pukul 3 sore waktu setempat, Trump, Pence dan keluarga akan memimpin parade dari Pennsylvania Avenue ke Gedung Putih. Diperkirakan 8.000 orang akan ikut, termasuk marching band dari universitas dan SMA, pasukan berkuda dan kelompok veteran.

7. Donald dan Melania Trump mungkin keluar dari limusin mereka sebentar saat parade, sambil melambaikan tangan. Tiga pesta jamuan dijadwalkan pada sore hari.

Advertisement

8. Sesuai tradisi, Obama akan memberi surat pada penerusnya di meja Oval Office. Isi surat itu masih dirahasiakan.

9. Bila pidato 20 menit dianggap terlalu pendek untuk pelantikan, itu bukan yang terpendek. Pelantikan kedua George Washington pada 1793 hanya terdiri dari 130 kata.

10. Pidato pelantikan terpanjang dibuat oleh William Henry Harrison pada 4 Maret 1841, terdiri dari 8.440 kata selama satu jam 45 menit. Harrison, yang berpidato di cuaca badai salju tanpa topi dan jaket, meninggal karena pneumonia sebulan setelahnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif