Lifestyle
Kamis, 19 Januari 2017 - 00:19 WIB

TIPS ASUH ANAK : Cara Tepat Memaksimalkan Masa Golden Age

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bocah balita (JIBI/Dok)

Tips asuh anak di usia emas.

Harianjogja.com, SLEMANGolden age atau usia keemasan merupakan masa di mana anak berkembang secara optimal, yaitu usia 0-5 tahun.  Pada masa golden age, anak menunjukkan perkembangan yang terbaik secara fisik maupun otak. Untuk membantu agar anak dapat berkembang seoptimal mungkin dalam masa ini, ada beberapa tips yang bisa orangtua lakukan.

Advertisement

Salah satu perwakilan Olifant School Kinanti Paramesti mengatakan, pada tahun pertama anak, asupan gizi sangatlah penting untuk perkembangan fisik dan otak. Gizi yang terbaik dari ASI eksklusif sangat dianjurkan untuk diberikan.

“Bantu perkembangan anak dengan stimulus yang sesuai dengan usianya. Hal ini bisa kita lakukan dengan melihat tahap perkembangan apa yang harus mereka capai di usia tertentu,” katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (18/1/2017).

Meski sudah banyak pengetahuan tentang tahap perkembangan anak, perlu disadari bahwa setiap anak memiliki proses belajar yang berbeda-beda. Dengan mengetahui hal tersebut, ada baiknya orangtua cukup sabar dan bijaksana dalam membantu anak berkembang secara optimal sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.

Advertisement

Kinanti mengatakan, orang tua dapat memberikan anak kebebasan untuk bereksplorasi dan berekspresi. Hal ini membantu merangsang otak anak dalam berpikir kritis dan mengolah pengalaman baru. Menurutnya, golden age adalah masa terbaik untuk perkembangan fisik dan otak anak sekaligus melatih pengelolaan emosi dan good habit anak.

Sejauh ini, Olifant Preschool sudah mencoba membantu anak mencapai perkembangan optimalnya di masa golden age. Menurutnya, kegiatan bermain dan belajar di Olifant Preschool sudah disesuaikan dengan tahap perkembangan anak dan  dikemas dengan kegiatan yang menarik dan mengasyikkan. “Aspek-aspek seperti Science & Math, Culture & Language, Psychomotor (Gross & Fine) serta Psychosocial selalu dimasukkan dalam rencana pembelajaran anak. Pembentukan karakter seperti good habit dan pengelolaan emosi juga sudah dikenalkan kepada anak, bahkan sudah dimulai dari usia Baby Class [1-2 tahun],” katanya.

Menurutnya, banyak hal baik yang sudah Olifant Preschool lakukan untuk membantu mengoptimalkan perkembangan anak di sekolah, namun tentunya peran orang tua tetap menjadi yang paling penting.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Golden Age Tips Asuh Anak
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif