Sport
Kamis, 19 Januari 2017 - 15:20 WIB

PSS Sleman Belum Pasang Target di Piala Presiden dan Dirgantara Cup

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain depan PSS Sleman, Tri Handaka Putro (kanan) berselebrasi bersama rekan satu timnya setelah berhasil mencetak gol ke dua ke gawang Persinga Ngawi yang dikawal, Moch. Pujiantoro dalam ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) B di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI. Yogyakarta, Minggu (07/08/2016). Dalam pertandingan itu PSS berhasil meraih kemenangan dengan menekuk lutut Persinga Ngawi dengan angka kemenangan 3-0.

PSS Sleman belum bisa memastikan memasang target tinggi pada dua turnamen pramusim

Harianjogja.com, SLEMAN — Manajemen PSS Sleman belum bisa memastikan memasang target tinggi pada dua turnamen pramusim, Piala Presiden 2017 dan Dirgantara Cup 2017 yang akan diikuti pada akhir bulan ini dan Februari mendatang.

Advertisement

Sejauh ini manajemen PSS baru memastikan akan ambil bagian di Piala Presiden. Sedangkan untuk Dirgantara Cup, meski telah mendapatkan undangan, PSS belum memastikan apakah ambil bagian atau tidak.

“Kami lihat jadwal Piala Presiden dahulu. Soal target di Piala Presiden kami rapatkan dahulu. Namun, kami realistis saja, saat ini pembentukan tim saja baru berjalan berapa hari ini,” kata Manajer PSS Arif Juliwibowo kepada Harianjogja.com, di sela-sela latihan PSS di Stadion Tridadi, Sleman, Rabu (18/1/2017) sore.

Advertisement

“Kami lihat jadwal Piala Presiden dahulu. Soal target di Piala Presiden kami rapatkan dahulu. Namun, kami realistis saja, saat ini pembentukan tim saja baru berjalan berapa hari ini,” kata Manajer PSS Arif Juliwibowo kepada Harianjogja.com, di sela-sela latihan PSS di Stadion Tridadi, Sleman, Rabu (18/1/2017) sore.

Menurut Arif, sampai kemarin, PSS belum mendapatkan undangan terkait dengan Piala Presiden. Hal ini pula yang jadi patokan terkait penyiapan tim di turnamen tersebut. Sebab, tanpa adanya surat resmi dari PSSI, pihak PSS tidak berani berspekulasi dalam penyiapan tim. “Kami tunggu suratnya dulu,” tandas Arif.

Sementara Panpel PSS Ediyanto mengaku sampai saat ini juga belum mendapat surat penunjukan sebagai tempat digelarnya Piala Presiden. Padahal, pihak penyelenggara telah menyatakan bahwa Sleman menjadi satu dari lima tempat digelarnya Piala Presiden. Begitu juga dengan Dirgantara Cup, di mana sampai saat ini panpel juga belum mendapatkan pemberitahuan terkait dengan pelaksanaan turnamen.

Advertisement

Sementara pihak penyelenggara Dirgantara Cup sendiri telah melayangkan surat kepada para calon peserta turnamen. Selain PSS, panpel turnamen juga telah mengirimkan surat undangan kesediaan mengikuti Dirgantara Cup 2017 ke tim DIY lainnya yakni PSIM yang direncanakan ikut adalah PSIM. Sedangkan tim lainnya diisi tim Liga Nusantara, Divisi Utama dan ISL.

Dalam surat  ditandatangani oleh Komandan Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Novyan Samyoga tersebut dikatakan bahwa turnamen digelar 17-26 Februari di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Sedangkan untuk Piala Presiden, akan digelar pada 31 Januari-12 Maret 2017 di tempat yang sama. Selain Stadion Maguwoharjo, panitia Piala Presiden memastikan menggelar babak penyisihan di Malang (Stadion Kanjuruhan),Bali (Stadion Kapten I Wayan Dipta), Madura (Stadion Ratu Pamelingan), dan Bandung (Stadion Si Jalak Harupat).

Advertisement

Sementara peserta Piala Presiden akan diikuti PSS dan PSCS beserta 18 tim ISL. Kedua puluh tim itu akan dibagi ke dalam lima grup, di mana setiap grup berisikan masing-masing empat tim.

Setelah itu, juara grup dan tiga runner-up terbaik dari setiap grup tersebut berhak melaju ke babak perempat final setelah saling bertemu dengan memakai format setengah kompetisi.

Delapan tim yang berhak melaju ke perempat final akan dibagi lagi ke dalam dua grup yang akan berlangsung di dua kota. Dari dua grup tersebut nantinya akan ada dua tim yang berhak melaju ke babak semifinal.

Advertisement

Pada babak semifinal sistem gugur akan mulai berlaku. Juara grup A akan bersua runner-up B dan juara grup B menghadapi runner-up grup A dengan memakai format kandang dan tandang.

Dua tim yang memenangi babak semifinal berhak melaju ke partai puncak. Berbeda dengan babak semifinal, pada babak final hanya berlangsung dalam satu pertandingan untuk menentukan tim yang meraih gelar juara Piala Presiden 2017.

Advertisement
Kata Kunci : Pss Sleman
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif