News
Kamis, 19 Januari 2017 - 10:30 WIB

Merah Putih dengan Tulisan Arab Diusut, Netizen Protes Bendera Ini

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bendera merah putih dibubuhi tulisan Arab dan gambar pedang. (Twitter/@ekowBoy)

Polisi diprotes lantaran tidak mengusut bendera merah putih yang diberi tulisan Metalica.

Solopos.com, JAKARTA – Media sosial Indonesia sedang ramai beredarnya foto bendera merah putih yang dibubuhi tulisan Arab dan gambar pedang. Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan pihaknya akan menyelidiki tentang hal itu. Sikap kepolisian itu membuat netizen bertanya-tanya mengenai bendera merah putih yang muncul di konser Metallica tahun 2013, bendera tersebut dibubuhi tulisan nama band terkenal itu.

Advertisement

Bendera merah putih yang dibubuhi tulisan Arab dan pedang diduga terlihat pada aksi unjuk rasa Front Pembela Islam (FPI) di Mabes Polri, Senin (18/1/2017). Pihak kepolisian akan memanggil penanggung jawab dan koordinator aksi untuk dimintai keterangan.

“Tentu sekarang kita melakukan penyelidikan. Siapa yang membuat siapa yang mengusung?” jelas Tito di Mapolda Metro Jaya, Rabu (18/1/2017).

Advertisement

“Tentu sekarang kita melakukan penyelidikan. Siapa yang membuat siapa yang mengusung?” jelas Tito di Mapolda Metro Jaya, Rabu (18/1/2017).

Tito menegaskan bendera Merah Putih tidak boleh diperlakukan tidak baik, salah satu perlakuan tidak baik yang dimaksud adalah membuat tulisan di bendera. Hal itu tertera dalam Undang-Undang (UU) No. 24/2009 pasal 24 huruf d. Dalam pasal itu ditegaskan setiap orang dilarang mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain, dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara.

(Baca Juga: Polisi Usut Bendera Merah Putih Bertulisan Arab)

Advertisement

Respons kepolisian mengenai hal ini memunculkan pembahasan baru di Internet. Beberapa netizen menanyakan status hukum bendera merah putih yang dibubuhi nama band Metallica. Bendera tersebut muncul di akhir konser band Metallica di Stadion Gelora Bung Karno tahun 2013.

“2013 gua nonton Metallica di GBK. Di Session akhir ada fans dari Solo ngasih Merah Putih ke personel Metallica bertuliskan ‘Metallica Solo-Indonesia’,” tulis pengguna akun Twitter @ibeng_fwp.

Pengguna akun tersebut mempersoalkan mengapa waktu itu netizen diam saja, sedangkan saat kasus serupa terjadi sekarang banyak sekali yang mengecam.

Advertisement

Netizen persoalkan respons netizen mengenai bendera merah putih bertulisan arab (Twitter)

“Apakah ini masuk kepada pasal penghinaan bendera Merah Putih?” tanya pengguna akun @Tim_Pemburu_Jil yang juga mengunggah foto bendera yang Merah Putih bertuliskan Metallica.

“Tolong Pak Pulisi ini pelecehan simbol Negara. Jangan karena tulisan Arab, selidikinya menggebu-gebu,” tulis pengguna akun @TerorisSocmed.

(Baca Juga: Bendera Merah Putih Berkibar di Konser Metallica)

Mengenai bendera Merah Putih yang dibubuhi tulisan Metallica, Solopos.com pernah memberitakan hal tersebut pada Senin 26 Agustus 2013. Berdasarkan informasi yang dihimpun, bendera tersebut berasal dari penggemar Metallica asal Kota Solo. Pada waktu konser para penggemar itu kebetulan berada di barisan paling depan, sehingga mampu memberikan bendera itu ke personel band.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif