Soloraya
Kamis, 19 Januari 2017 - 16:40 WIB

Kunjungi Solo, Dubes AS Puji Keberagaman hingga Jajaki Kerja Sama dengan Pemkot

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dubes AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. (kiri) memegang wayang pemberian Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo saat berkunjung ke Balai Kota Solo, Kamis (19/1/2017). (Indah Septianing W./JIBI/Solopos)

Dubes AS melakukan kunjungan kerja ke Solo dan mendiskusikan beberapa kemungkinan kerja sama.

Solopos.com, SOLO — Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R. Donovan melirik peluang kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Advertisement

Beberapa peluang kerja sama itu di antaranya bidang kelistrikan, investasi, pariwisata, pendidikan, aviasi untuk infrastruktur bandara, dan lain sebagainya. Hal itu disampaikan Dubes AS Joseph R. Donovan (Jr) saat bertemu Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo di Balai Kota Solo, Kamis (19/1/2017).

Mengenakan busana batik, Donovan dan jajarannya datang ke Balai Kota pukul 08.30 WIB. Kota Solo menjadi kunjungan pertama bagi Dubes AS di Jawa Tengah. Kedatangan mereka diterima Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo, Wakil Wali Kota (Wawali) Achmad Purnomo, Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Yulistianto, dan sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Donovan kemudian melakukan pembicaraan tertutup di ruang rapat wali kota selama hampir setengah jam. Dalam kesempatan konferensi pers, Donovan yang semalam sudah menginap dan mencicipi makanan khas Solo mengaku mengagumi keberagaman masyarakat Kota Bengawan.

Advertisement

Keberagaman tersebut terlihat dalam Perayaan Tahun Baru Imlek dan Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi yang digelar hampir bersamaan serta berdekatan lokasi. “Solo merayakan [Tahun Baru] Imlek dengan sangat meriah. Solo juga merayakan Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi juga dengan sangat meriah, seperti yang saya saksikan hari ini,” ujar Donovan.

Kota Solo menjadi jujukan pertama kunjungan kerjanya setelah menyerahkan surat-surat kepercayaan ke Presiden Joko Widodo sebagai Dubes AS untuk Indonesia. Menurutnya, Solo merupakan tempat terbaik untuk mempelajari Indonesia, termasuk keberagaman masyarakat dan budayanya.

Selain itu, kedatangannya ke Kota Solo sekaligus penjajakan peluang kerja sama di berbagai bidang. “Saya tahu Solo adalah jantung budaya dan sejarah negara Indonesia. Saya senang sekali bisa berkunjung ke Solo dan sudah berdiskusi banyak dengan pak Wali Kota untuk meningkatkan kerja sama,” kata dia.

Advertisement

Ada beberapa peluang kerja sama yang ingin dijajaki, di antaranya investasi, pariwisata, pendidikan, aviasi untuk infrastruktur bandara, dan tenaga listrik. Khusus pariwisata, ia akan ikut mempromosikan Solo kepada warga AS. “Saya akan beritahukan kepada teman-teman betapa indahnya Solo,” katanya.

Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan kesiapannya menjajaki kerja sama dengan AS. Salah satu kerja sama yang ditawarkan Pemkot yakni bidang kesehatan, seperti pembangunan rumah sakit. hal itu mengingat Kota Solo kini tengah menyusun rencana pembangunan rumah sakit di tiap kecamatan sebagai pemenuhan layanan kesehatan bagi warga Kota Bengawan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif