Teknologi
Kamis, 19 Januari 2017 - 05:00 WIB

Ingat Game Super Mario? Temui Charles Martinet, Pengisi Suara Si Tukang Ledeng

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Super Mario Series (Forbes)

Charles Martinet mengisi suara Mario, Luigi dan beberapa tokoh lain.

Solopos.com, SOLO –  Anak-anak generasi 90-an pasti mengenal game populer Super Mario. Game rilisan Nintendo itu memiliki dua karakter orisinal yang sangat populer, yaitu  Mario dan Luigi. Suara atau teriakan yang keluar dari mulut dua karakter tersebut ternyata bukan olah digital, namun diisi oleh pria bernama Charles Martinet.

Advertisement

Game Super Mario pertama kali dirilis pada 1985. Hingga 2017, sudah ada 20 seri game Super mario, yang terbaru dirilis 2016 dengan judul Super Mario Run. Secara umum game ini mengikuti petualangan Mario dan saudaranya Luigi di kerajaan Jamur untuk menyelamatkan seorang Putri.

Charles Martinet mengisi suara untuk tokoh Mario mulai 1994. Kesempatam pertamanya mengisi suara Mario bukan dalam salah satu seri game Super Mario. Namun dalam sebuah acara pameran di mana pengunjung dipersilakan untuk berkomunikasi dengan versi tiga dimensi dari Mario yang nampak di sebuah layar.

Untuk versi video game nya, Charles pertama kali mengisi suara Mario pada rilisan game kompilasi Mario’s Game Gallery yang dirilis pada 1995. seri game Super Mario pertama dia isi suaranya adalah Super Mario 64 yang dirilis 1996.

Advertisement

Dalam sebuah video berjudul It’s-a Me, Mario! yang diunggah di laman Youtube oleh pengelola akun Great Big Story, Senin (16/1/2017), Charles Martinet berbagi pengalamannya saat pertama kali mengikuti audisi untuk mengisi suara Mario.

“Waktu itu saya dihadapkan dengan deksprisi jika saya seorang tukang reparasi pipa asal Italia yang sedang tinggal di Brooklyn, Amerika Serikat. Saya akan muncul di video game yang akan dimainkan anak-anak,” cerita Charles dalam video tersebut. Meski tidak paham tampilan video game, Charles mencoba berbicara dengan suara agak cempreng dan tempo tinggi.

Charles tidak pernah menyangka audisi 23 tahun lalu itu mengubah hidupnya hingga sekarang. Tak hanya mengisi suara Mario, Charles juga mengisi suara Luigi, Baby Mario, Baby Luigi, Wario, Waluigi, Donkey Kong dan Toadsworth.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif