Jogja
Rabu, 18 Januari 2017 - 01:20 WIB

WISATA KULONPROGO : Ekowisata Sungai Mudal Terus Dibenahi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ekowisata Sungai Mudal di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Sabtu (14/1/2017). (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Kulonprogo di Taman Sungai Mudal terus dibenahi

Harianjogja.com, KULONPROGO–PT PLN (Persero) ikut mengembangkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Kulonprogo. PLN melakukan pendampingan dan pengembangan terhadap Ekowisata Sungai Mudal di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo.

Advertisement

Humas PT PLN (Persero) Area Jogja Paulus Kardiman mengatakan, khusus pengembangan di Sungai Mudal, PLN sudah melakukan survei sejak 2015. Survei dilakukan untuk melihat potensi yang ada dari sisi sumber daya alam, sumber daya manusia, dan kelembagaan.

“PLN peduli terhadap lingkungan alam sekitarnya, di samping masyarakat di sana,” ujar dia di Ekowisata Sungai Mudal, Kulonprogo, Sabtu (14/1/2017).

Bentuk bantuan yang diberikan PLN misalnya infrastruktur berupa akses jalan ke lokasi, 1.000 bibit pohon pala untuk konservasi air dan mencegah longsor.

Advertisement

PLN juga membantu dalam pengelolaan air bersih, membangun tempat ibadah, toilet umum, dan pendampingan pembentikan kelembagaan pemandu wisata.

“Di sana kan memang baru dari masyarakat pengelolaan dan tanah-tanah di sana adalah milik warga. Mereka kami dampingi dan membuat perjanjian untuk mencegah saling berebut. Jadi sudah diantisipasi dari awal,” papar dia.

Di dalam ekowisata seluas kurang lebih 3 hektare itu, ada dua kolam dengan kedalaman satu meter dan dua meter. Selain itu, ada pula camping ground dan flying fox. Wisatawan pun sudah banyak yang bedatangan.

Advertisement

“Sistem bantuan kami berkelanjutan. Apakah mereka siap bekerja sama dan pantau progesnya. Dana uang sudah dikucurkan sekitar Rp100 juta, 2017 mungkin sekitar Rp300 juta karena untuk buat gapura dan beberapa akses jalan dan keperluan outbond,” tutur dia.

Kardiman menjelaskan, untuk kegiatan CSR yang dilakukan dalam rangka bina lingkungan merupakan amanah dari pemerintah kepada BUMN. Pemerintah mewajibkan BUMN membina dan mengembangkan lingkingan di mana BUMN itu berada.

Manfaat yang dirasakan tidak hanya untuk masyarakat saja tetapi juga untuk PLN. Harapannya, masyarakat juga semakin sadar untuk ikut menjaga pasokan listrik dan mendukung program PLN.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif