Petugas Direktorat Tindak Ekonomi dan Khusus Bareskrim Mabes Polri memperlihatkan barang bukti saat rilis pengungkapan kasus pungli di Kantor Bareskrim, Jakarta, Jumat (11/11/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A.) Petugas Direktorat Tindak Ekonomi dan Khusus Bareskrim Mabes Polri memperlihatkan barang bukti saat rilis pengungkapan kasus pungli di Kantor Bareskrim, Jakarta, Jumat (11/11/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A.)
Rabu, 18 Januari 2017 19:00 WIB Rio Sandy/JIBI/Bisnis Hukum Share :

Sejumlah Instansi Disorot Satgas Saber Pungli, dari Pemerasan Hingga Sertifikasi Guru

Sejumlah kasus di berbagai instansi disorot oleh Satgas Saber Pungli.

Solopos.com, JAKARTA — ?Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) mengungkapkan sejumlah instansi yang telah masuk dalam peta sorotan kasus.

?Ketua Satgas? Saber Pungli Komjen Pol Dwi Priyatno mengatakan sorotan kasus tersebut meliputi dugaan pemerasan dalam proses penegakan hukum di kepolisian, proyek operasi nasional agraria (Prona) di Badan Pertanahan Nasional (BPN), dan dwelling time di Bea dan Cukai. Selain itu, pembuatan paspor, pemerasan masalah anggaran desa, hingga sertifikasi guru juga disorot.

“Semuanya sudah sesuai dengan mapping kami,” kata? Dwi saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (18/1/2017).

Menurutnya, peta yang telah dibuat belum mencakup seluruh instansi pemerintah. Pihaknya masih mengharapkan keterbukaan dari kementerian/lembaga untuk memetakan dirinya sendiri?.

Kendati demikian, Dwi sudah mengantongi sejumlah instansi? yang rawan terjadi tindak pungli, termasuk masalah promosi jabatan. Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari Kementerian Dalam Negeri.??

lowongan pekerjaan
PT.Astra International tbk, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Pemerataan Kesejahteraan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (24/10/2017). Esai ini karya Anton A. Setyawan, Doktor Ilmu Manajemen dan dosen di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah anton.setyawan@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO — Tanggal 20 Oktober…