Jateng
Rabu, 18 Januari 2017 - 10:50 WIB

PORPROV JATENG 2018 : Infrastruktur Kota Tegal Tak Siap, Semarang Siap Tuan Rumah Porprov

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi GOR Tri Lomba Juang Semarang. (Panoramio.com)

Porprov Jateng 2018 yang mestinya digelar di Kota Tegal bisa saja dipindahkan ke Kota Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang menyatakan kesiapan menggantikan Kota Tegal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2018. Infrastruktur olahraga Kota Tegal belum mendukung pelaksanaan pekan olah raga, sebaliknya dengan Kota Semarang.

Advertisement

“Saya sudah bicara dengan teman-teman KONI mengenai belum siapnya infrastruktur olahraga di Kota Tegal,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, seusai meresmikan Gelanggang Olahraga (GOR) Tri Lomba Juang, Semarang, Selasa (17/1/2017).

Revitalisasi GOR Tri Lomba Juang Semarang yang dimulai sejak 2013 telah menyelesaikan berbagai venue olahraga, seperti enam lapangan tenis, lima lapangan bulu tangkis, tenis meja, dan olahraga beladiri. Rencananya, ungkap Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi, revitalisasi tahap akhir akan dilakukan tahun ini untuk menambahkan pembuatan venue panjat tebing, lintasan lari, dan atletik lain, seperti lempar cakram dan lempar lembing.

“Targetnya, pembangunan akhir itu dirampungkan Agustus 2017 sehingga kalau nantinya Porprov Jateng 2018 dipindah ke Semarang, tentunya kami siap. Infrastruktur semuanya sudah siap,” katanya.

Advertisement

Kota Semarang bahkan juga telah ditunjuk dan menyatakan kesiapannya menjadi tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) yang digelar tahun 2017 ini. “Makanya, tahun ini akan dilakukan pembangunan tahap akhir GOR Tri Lomba Juang. Targetnya Agustus mendatang rampung sehingga sudah bisa digunakan untuk penyelenggaraan Popnas 2017,” katanya.

Dengan penyempurnaan fasilitas olahraga GOR Tri Lomba Juang tahun 2017 ini, kata Hendi, Kota Semarang sudah siap jika ditunjuk menjadi ajang olahraga, baik berskala provinsi maupun nasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Penataan Ruang Kota Semarang Agus Riyanto mengatakan penyempurnaan GOR Tri Lomba Juang Semarang saat ini masih dalam tahapan pengadaan jasa dan konstruksi. “Lelang akan segera dilakukan, sementara pembangunan lintasan lari, dan beberapa venue lainnya akan berlangsung sekitar Maret 2017. Targetnya, tahap akhir bisa rampung tahun ini,” katanya.

Advertisement

Meski demikian, kata dia, beberapa venue yang sudah terbangun bisa dipakai Porprov Jateng 2018, seperti lapangan bulu tangkis, sedangkan lapangan tenis tinggal melengkapi jaring dan Februari nanti bisa dipakai. “Selain GOR Tri Lomba Juang, masih ada fasilitas olahraga lainnya, seperti Stadion Citarum untuk sepak bola, GOR Manunggal Jati untuk renang, dan beberapa lainnya milik stakeholder,” pungkasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif