News
Rabu, 18 Januari 2017 - 15:15 WIB

Penerbangan Solo-Kuala Lumpur Kembali Beroperasi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Penerbangan Solo yakni rute internasional kembali dioperasikan.

Solopos.com, BOYOLALI — Kunjungan wisatawan mancanegara ke Kota Solo diharapkan meningkat seiring pengoperasian kembali rute internasional Solo-Kuala Lumpur di Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali mulai Selasa (17/1/2017).

Advertisement

Head of Communications Airasia Indonesia, Baskoro Adiwiyono, mengatakan rute yang sempat ditutup pada 21 Juli 2016 ini kembali dioperasikan karena tingginya permintaan masyarakat.

“Permintaan Solo-Kuala Lumpur sangat bagus sehingga manajemen kembali membuka rute ini untuk meningkatkan wisatawan inbound dan outbound. Hal ini tercermin pada penerbangan perdana yang peminatnya cukup tinggi, yakni 150 orang datang ke Solo dan 139 orang dari Solo,” ungkap Head of Ground Operations and Customer Management, Patria Bayuaji, di ruang tunggu keberangkatan internasional Bandara Adi Soemarmo, Selasa.

Dia mengungkapkan kebanyakan penumpang adalah wisatawan sedangkan pekerja hanya untuk waktu tertentu yang ramai. Bayu mengatakan saat ini Airasia menghadirkan banyak diskon untuk menarik lebih banyak penumpang. Oleh karena itu, load factor atau tingkat keterisian pesawat ditarget minimal 80%.

Advertisement

Salah satu penumpang asal Kuala Lumpur, Rosalia Wati, mengatakan datang ke Solo untuk liburan selama tiga hari. Wanita berjilbab ini mengaku baru kali pertama datang ke Solo karena penasaran dengan budaya dan sejarah yang ada di kota dengan julukan Spirit of Java ini.

“Solo terkenal dengan batik dan budayanya sehingga ingin melihat secara langsung dan berkeliling ke destinasi wisata yang ada, seperti candi dan juga ingin mengexplore Merapi lewat Solo,” kata dia. Istri Muhammad Natsir ini mengatakan tertarik dengan budaya yang ada di Indonesia.

Penumpang lainnya, Abdul Rasyid, mengaku kali kedua mengunjungi Solo. Pensiunan kepala sekolah ini memilih berlibur ke Solo karena menyukai budaya dan juga teman seperjalanan ingin datang ke Solo.

Advertisement

“Pembukaan rute baru ini sangat memudahkan penumpang asal Soloraya karena lebih dekat kalau ingin pergi maupun kembali dari Malaysia. Selain itu, tiketnya cukup terjangkau, kurang dari Rp300.000,” kata W. Andre, penumpang asal Wonogiri.

Station Head Airasia Solo, Rudianto, mengatakan jadwal penerbangan rute internasional ini adalah pukul 15.00 WIB dengan jadwal kedatangan pukul 14.35 WIB. Jadwal ini lebih sore jika dibandingkan jadwal sebelumnya yang pagi, yakni berangkat pukul 08.50 WIB.

General Manager (GM) PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, menyampaikan pembukaan rute ini diharapkan menjadi pemicu untuk pembukaan rute internasional lainnya. Solo-Kuala Lumpur selama ini menjadi andalan untuk mendatangkan wisman mengingat pasar di Malaysia sangat besar.

“Saat ini Lion Air sedang mengurus SIUP [surat izin usaha penerbangan] untuk mengoperasikan rute dari Solo ke Kuala Lumpur, Singapura, dan Bangkok. Februari akan ada dua jadwal pesawat carter Solo-Guangzhou, Tiongkok oleh Sriwijaya Air,” terangnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif