Otomotif
Rabu, 18 Januari 2017 - 15:10 WIB

INOVASI TEKNOLOGI : Konsep Mobil Terbang Bakal Jadi Kenyataan

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Prototipe Urban Air Mobility. (Istimewa/Inverse.com)

Airbus membentuk sebuah divisi yakni Urban Air Mobility yang bertugas mengembangkan mobil perkotaan yang bisa digunakan di udara.

Solopos.com, MUENCHEN — Produsen pesawat terbang Airbus Group berencana menjajal mobil terbang berteknologi autopilot di jalan perkotaan pada akhir tahun ini. Pernyataan itu disampaikan pihak Airbus di acara konferensi digital teknologi DLD di Munich, Jerman, Senin 16 Januari 2017.

Advertisement

Pada tahun lalu, Airbus membentuk sebuah divisi yakni Urban Air Mobility yang bertugas mengembangkan mobil perkotaan yang bisa digunakan di udara. Mobil itu akan berbentuk seperti helikopter dan bisa menampung beberapa orang.

“[Pada] 100 tahun lalu, transportasi perkotaan bergerak di bawah tanah. Sekarang kami memiliki teknologi yang dapat berjalan di atas,” jelas CEO Airbus, Tom Enders, Selasa (17/1/2017).

Menurut dia, unit yang akan diuji coba nanti baru bisa dinaiki oleh satu orang. Hasil pengujian ini akan sangat penting untuk sampai pada fase pengembangan berikutnya. “Kami masih dalam fase eksperimen, kami melakukan pengembangan ini dengan serius,” ungkapnya seraya memastikan teknologi yang digunakannya sangat ramah lingkungan.

Advertisement

Ditambahkannya, transportasi di udara dapat menghemat pengeluaran dalam hal pembangunan infrastruktur. Sebab, tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membuat jalan dan jembatan. Namun, belum ada penjelasan detail mengenai spesifikasi mobil terbang buatan Airbus tersebut. Hanya diketahui bahwa bentuknya seperti helikopter, tetapi bisa berjalan di darat layaknya mobil.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif