Jogja
Rabu, 18 Januari 2017 - 09:20 WIB

BENCANA KULONPROGO : Rekahan Tanah di Tebing Mengancam Warga Kokap

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi warga menyingkirkan timbunan tanah longsor. (JIBI/Solopos/Antara/Anis Efizudin)

Bencana Kulonprogo berupa tanah longsor mengancam warga Soropati

Harianjogja.com, KULONPROGO-Tebing setinggi 250 meter terancam longsor dan menimbun pemukiman warga di Soropati, Hargotirto, Kokap. Tebing tersebut sudah merekah dengan panjang hingga 200 meter.

Advertisement

Parjio, warga setempat mengatakan setidaknya ada ratusan warga yang berdiam di sekitar lokasi dan terancam longsor ini. Karena merasa khawatir, warga kemudian berjaga bergantian apabila longsor kemudian terjadi akibat hujan.

“Sudah tiga malam kami tak tidur karena jika longsor warga pasti habis,” ujarnya pada Selasa (17/1/2017).

Tanah di tebing tersebut sudah merekah hingga lebar 25 sampai 100 centimeter. Dijelaskan pula jika kedalamannya bisa mencapai 100 hingga 200 meter. Parjio menerangkan jika hal ini membuat warga tak tenang setiap malamnya. Sejumlah warga juga sudah mulai mengungsi ke rumah kerabat atau kenalannya selama tiga hari terakhir karena merasa terancam.

Advertisement

Miskijo, Ketua Forum Komunikasi Tarunan Tanggap Bencana (Tagana) Kulonprogo mengatakan peringatan dan himbauan telah diberikan kepada warga untuk menjaga kewaspadaan. Selain itu, warga yang rumahnya berdekatan dengan rekahan tersebut juga diminta untuk mengungsi sementara waktu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif