News
Selasa, 17 Januari 2017 - 19:45 WIB

PENEMUAN BARU : Tiongkok Dihebohkan Kemunculan Relief Budha 600 Tahun di Danau

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Patung Budha di Danau Tiongkok (Xinhua/Daily Mail)

Penemuan relief Budha di sebuah danau bikin heboh Tiongkok.

Solopos.com, BEIJING – Warga Tiongkok dihebohkan dengan kemunculan relief Budha di sebuah danau yang terletak di Nancheng Country. Patung tersebut ditemukan saat tingkat air mengalami penyusutan drastis. Menurut laporan Daily Mail dari Xinhua, Rabu (11/1/2017), relief yang terukir di batu alam tersebut kemungkinan berasal dari abad ke-14.

Advertisement

Air di Danau Zuixian atau oleh warga sekitar dikenal dengan Danau Hongmen sengaja disusutkan untuk proyek renovasi gerbang PLTA. Perubahan drastis volume air di danau itulah yang membuat relief terlihat jelas. Selain relief Budha, warga setempat juga menemukan surat perintah (dekrit) kaisar yang diukir di tebing tersebut.

Patung Budha di Danau Tiongkok (Xinhua/Daily Mail)

Tim arkeolog China langsung datang ke Danau Hongmen untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Mereka memulai penelitian hingga ke bawah air. Penelitian tersebut rencananya akan berlangsung hingga Selasa (17/1/2017), hari ini.

Advertisement

Xu Changqing, kepala lembaga penelitian, mengatakan kemungkinan besar patung tersebut berasal dari Dinasti Ming (1268-1644).

Penelitian lanjutan yang dilakukan oleh tim arkeolog menemukan lubang persegi panjang yang diukir di tebing. Arkeolog percaya lubang tersebut menjadi bukti keberadaan kuil di daerah tersebut.

Danau Hongmen berisi 1,2 miliar kubik air. Menurut situs pemerintah Nancheng Country, danau Hongmen terletak di sebuah kota kuno yang dikenal dengan nama Xiaoshi.

Advertisement

Kembali ke tahun 202 SM, Xiaoshi merupakan lokasi strategis antara Fujian dan Jiangxi, dua provinsi di China yang merupakan kora perdagangan penting.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif