Soloraya
Selasa, 17 Januari 2017 - 14:15 WIB

HAUL HABIB ALI SOLO : Jl. Kapten Mulyadi Ditutup Besok, Arus Lalu Lintas akan Dialihkan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jemaah berebut Nasi Kebuli saat akhir acara Haul Habib Ali bin Muhammad bin Husain Al Habsyi di kompleks Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Solo, Sabtu (30/1/2016). Nasi kebuli yang dibagikan paniti merupakan cirikhas makanan yang diberikan kepada jamaah saat istirahat siang setelah mengikuti acara Haul Habib Ali bin Muhammad bin Husain Al Habsyi yang digelar dari Sabtu (30/1/2016) hingga Minggu (31/1/2016). (Ahmad Fauzan/JIBI/Solopos)

Haul Habib Ali Solo dilaksanakan di kawasan Pasar Kliwon Solo.

Solopos.com, SOLO – Arus lalu lintas kendaraan yang melintas di Jl. Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo, akan dialihkan selama rangkaian acara Haul Habib Ali Al Habsyi pada Rabu-Jumat (18-20/1/2017). Jalan utama di Pasar Kliwon tersebut juga akan ditutup total selain untuk ambulans.

Advertisement

Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, mengatakan Jl. Kapten Mulyadi dari Sangkrah sampai Baturono akan ditutup mulai Rabu pukul 14.00 WIB sampai Jumat pukul 10.00 WIB. Selanjutnya, pihaknya mengalihkan arus lalu lintas di Jl. Kapten Mulyadi ke beberapa jalur sesuai jenis kendaraan.

Angkutan berat dari arah Surabaya akan dibelokkan ke kanan di pertigaan Loji Wetan. Sampai di simpang empat Jl. Jendral Sudirman, kendaraan diarahkan ke kiri hingga bundaran Gladak. Selanjutnya mereka akan berjalan ke barat karena Dishub akan memberlakukan contra flow seperti tahun sebelumnya.

Advertisement

Angkutan berat dari arah Surabaya akan dibelokkan ke kanan di pertigaan Loji Wetan. Sampai di simpang empat Jl. Jendral Sudirman, kendaraan diarahkan ke kiri hingga bundaran Gladak. Selanjutnya mereka akan berjalan ke barat karena Dishub akan memberlakukan contra flow seperti tahun sebelumnya.

Kendaraan kemudian belok ke selatan di Nonongan melewati Jl. Yos Sudarso sampai Gemblegan. Rencananya, Simpang Empat Coyudan akan dibarikade untuk melancarkan sistem contra flow tersebut.

“Kami akan memasang barikade dari Gladak sampai Nonongan untuk pemberlakuan contra flow tersebut. Kendaraan akan berjalan di sebelah utara rel kereta api. Jadi dari arah barat masih muat untuk tiga kendaraan berjajar. Sedang dari timur satu kendaraan,” ujarnya saat jumpa pers di Gedung Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS), Senin (16/1/2017).

Advertisement

Dari sana mereka berbelok ke barat. Untuk menuju Sukoharjo, mereka bisa berbelok ke selatan di Perempatan Jl. Kapten Mulyadi atau lurus kemudian berbelok di Perempatan Gading.

Ari menjelaskan bus dari terminal yang menuju arah selatan seperti arah Wonogiri diharapkan tidak melintas di Solo Timur (Jl. Kapten Mulyadi). Mereka diarahkan mengikuti Jl. Semarang-Surakarta lalu berbelok ke kiri di pertigaan depan Rumah Sakit Panti Waluyo. Menyusuri Jl. Slamet Riyadi kemudian berbelok ke kanan di Jl. Bhayangkara, Sriwedari sampai Jl. Veteran.

“Di Jl. Bhayangkara ke selatan memang ada rambu-rambu larangan truk masuk. Tapi kami sudah mohon izin agar bisa masuk. Rambu-rambu sementara tidak diberlakukan. Kami juga berkoordinasi dengan Polres Sukoharjo karena bus mungkin akan melintas dari Dawung ke selatan untuk rute sementara. Kemudian kendaraan dari selatan akan mengikuti jalur yang mirip dengan yang dilakukan kendaraan dari utara,” paparnya.

Advertisement

Masjid Riyadh

Selain mengalihkan arus lalu lintas, Dishub akan menutup jalan dengan barikade. Lokasi penutupan jalan antara lain di Simpang Tiga Loji Wetan, Simpang Empat Jensud, Simpang Empat Nonongan, Simpang Empat Pasar Kliwon, Simpang Empat Baturono dan Simpang Empat Gading.

“Kami akan memasang MMT tentang pengalihan arus lalu lintas agar pengendara tahu rute ditutup atau berbelok untuk menuju Sukoharjo dan sebagainya,” kata dia.

Advertisement

Cicit Habib Ali Al Habsyi, Muhammad Hasan Al Habsyi, mengatakan acara haul dipusatkan di Masjid Riyadh, Jl. Kapten Mulyadi sejak Senin. Pada Senin dan Selasa, akan ada pembacaan Alquran mulai pukul 16.00 WIB sampai maghrib. Sementara pada Rabu pembacaan Alquran berlangsung hingga pukul 23.00 WIB

“Aktivitas inti haul ke-105 pada Kamis (19/1/2017) adalah pembacaan tahlil dan riwayat hidup Habib Ali Al Habsyi. Ada pula mauidhoh hasanah atau ceramah-ceramah agama. Yang menyampaikan biasanya tidak terjadwal,” kata dia dalam konferensi pers tersebut.

Pada Jumat, akan ada pembacaan riwayat kelahiran Nabi Muhammad yang ditulis oleh Habib Ali Al Habsyi pada pukul 06.00 WIB- 08.00 WIB. Setelah itu, para peserta akan kembali ke rumah masing-masing.

“Perkiraan jumlah peserta lebih dari 10.000. Mereka berasal dari Jakarta, Yaman, Arab Saudi, Singapura, Malaysia, Australia dan lain-lain. Kami enggak undang siapapun. Mereka datang dengan sendirinya,” papar lelaki dengan nama lengkap Muhammad bin Hasan bin Anis bin Alwi bin Ali bin Muhammad Al Habsyi tersebut.

Kasi Parkir Umum dan Khusus Dishub Solo, Henri Satya Negara, mengatakan kantong parkir saat haul dipusatkan di Alun-alun Selatan karena lokasi itu berdekatan dengan lokasi haul. Sedangkan jika tempat yang tersedia kurang mencukupi, Benteng Vastenburg dan Taman Parkir Loji Wetan bisa juga dimanfaatkan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif