Jogja
Selasa, 17 Januari 2017 - 07:20 WIB

GANGGUAN JIWA : 11 Warga Dapat Perawatan di Magelang

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi gangguan jiwa (istimewa)

Gangguan jiwa dari pasien dari Kulonprogo dikirim ke Magelang

Harianjogja.com, KULONPROGO — Sedikitnya 11 warga Kalirejo, Kokap yang mengidap gangguan jiwa dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Magelang oleh Lembaga Kesejateraan Sosial (LKS) Baitujanah Kalirejo. Sejumlah warga tersebut akan mendapatkan perawatan hingga sembuh untuk kemudian bisa kembali ke masyarakat.

Advertisement

Ketua LKS Baitujanah, Nasirudi mengatakan seluruhnya menderita gangguan jiwa baik yang membahayakan masyarakat dan tidak. “Sudah kita antarkan kemarin[Minggu,15/1] dan bisa dijemput lagi jika sudah sembuh,”ujarnya ketika dikonfirmasi pada Senin (16/1/2017). Adapun program ini telah dijalankan oleh lembaganya sejak 4 tahun terakhir.

Jika memang masih ada lagi yang menderita gangguan jiwa maka program ini akan terus dilanjutkan. Tak hanya penderita gangguan jiwa, LKS Baitujanah juga menangani anak yatim piatu dan keluarga miskin di lingkungannya.

Adapun, Kepala Desa Kalirejo, Lana mengatakan sebagian warganya yang menderita gangguan jiwa biasa disebabkan oleh tekanan ekonomi dan faktor keturunan. “Dititipkan dulu di Magelang supaya sembuh,”ujarnya. Lana menerangkan jika masih ada puluhan warganya yang menderita gangguan jiwa dan membutuhkan perawatan serupa.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif