Jogja
Selasa, 17 Januari 2017 - 22:55 WIB

Donor Darah PDDI Diserbu Ribuan Pendonor

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi transfusi darah oleh donor darah sukarela PMI (JIBI/Solopos/Dok.)

Donor darah PDDI digelar di Atrium Plaza Ambarrukmo

Harianjogja.com, SLEMAN-Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) DIY menggelar aksi donor darah di Atrium Plaza Ambarrukmo, Selasa (17/1). Donor darah yang terselenggara berkat kerja sama PMI DIY dan Jawa Tengah ini menargetkan mampu mengumpulkan 2.017 kantong darah.

Advertisement

Ketua PDDI DIY Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat mengatakan, angka 2017 selain disesuaikan dengan angka tahun ini juga karena ingin mencetak jumlah kantong darah sebanyak-banyaknya.

Dari PMI DIY menginginkan agar capaiannya melebihi jumlah kantong darah dari aksi donor darah lainnya. “Kami menyelenggarakan donor darah untuk mewujudkan kesetiakawanan sosial. Harapannya memancing kegiatan donor darah dari institusi lain sehingga kebutuhan darah terpenuhi,” kata dia, dalam sambutannya.

Aksi donor darah kali ini mengangkat tema Ayo Berbagi Sehat. Antusias warga dan kalangan instansi pemerintah cukup tinggi. Terbukti pada pukul 11.00 WIB, pengantre memenuhi atrium dan jumlah pendonor sudah melebihi angka 1.000.

Advertisement

Acara ini diselenggarakan mulai pukul 8.00-22.00 WIB. PDDI menyediakan 3.000 kantong darah untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pendonor.

Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo sangat mengapresiasi kegiatan PDDI dalam membantu memasok darah di DIY. Selama ini, PMI sudah bekerja sama dengan semua rumah sakit, kecuali RSUP Dr. Sardjito.

Rencananya dalam musyawarah kerja PMI pada 21 Januari mendatang akan sekaligus dilakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan rumah sakit tersebut.

Advertisement

Selama ini RSUP Dr. Sardjito melakukan penghimpunan darah secara mandiri, tetapi masih ditemukan keluarga pasien yang mencari stok darah di luar. “Kita bantu supaya keluarga tidak bingung lagi. Sudah sakit, keluarganya harus cari pendonor,” terangnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif