Jatim
Senin, 16 Januari 2017 - 14:05 WIB

Wapres JK Usulkan Pembentukan Koperasi Desa di Tulungagung

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla. (JIBI/Solopos/Dok.)

Wapres meninjau dana desa di Tulungagung.

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengusulkan adanya koperasi desa yang dibentuk dan dikelola oleh masyarakat. Hal itu diungkapkan JK saat meninjau penggunaan dana desa di Plandaan, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung, Jawa Timur, Senin (16/1/2017).

Advertisement

“Akan bagus kalau ada koperasi desa,” kata Wapres di Balai Desa Plandaan, Tulungagung. Menurut Jusuf Kalla, nantinya koperasi akan dapat mendukung pembangunan dan perekonomian desa.

JK menegaskan keberadaan koperasi penting, terlebih Desa Plandaan tidak memiliki sumber daya alam. “Jadi masyarakatnya harus berusaha, dari mana modalnya, salah satunya koperasi,” kata dia.

Dalam kunjungan tersebut, Wapres didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Advertisement

Desa Plandaan merupakan salah satu dari 271 desa di Tulungagung yang menerima dana desa dari total yang dikucurkan Presiden Joko Widodo untuk dana transfer daerah dan dana desa sebesar Rp764,9 triliun atau 36,8 persen dari APBN 2017.

Pendapatan Desa Plandaan pada 2016 mencapai Rp1,3 miliar yang 46,69 persen berasal dari dana desa.

Bupati Tulungagung Syahri Mulyo mengatakan pengawasan penggunaan dana desa masih terhambat pengelolaan keuangan yang belum didukung teknologi informasi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif