Jogja
Senin, 16 Januari 2017 - 04:20 WIB

UN 2017 : Siswa Dibebaskan Memilih Mapel Pilihan, Apa Keuntungannya?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Teknisi komputer SMAN 1 Sleman, Ardian Purwonugroho, mengecek komputer yang akan digunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2015-2016 ini, Senin (2/11/2015). (Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

UN 2017 kali ini memiliki mekanisme berbeda.

Harianjogja.com, JOGJA – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY memberikan penekanan terkait konsep Ujian Nasional (UN) yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih satu mata pelajaran pilihan. Para siswa diharapkan memberikan pilihan mata pelajaran yang diinginkan dalam UN paling lambat dua pekan sebelum pelaksanaan ujian berlangsung.

Advertisement

Baca Juga : UN 2017 : Siswa Dibebaskan Memilih Mapel Pilihan, Pengajuan 2 Pekan Jelang UN

Kepala Disdikpora DIY, Baskara Aji, mengingatkan kebijakan bebas pilih mata pelajaran (mapel) itu tidak perlu dirisaukan. Diberlakukannya kebijakan khusus untuk siswa pendidikan menengah  tersebut justru akan lebih menguntungkan siswa.?

?”Mapel yang bebas dipilih untuk UN tidak ada masalah. Siswa justru diuntungkan karena bisa memilih satu dari tiga mapel yang paling dikuasai agar hasil nilainya juga bisa bagus,” tandasnya.

Advertisement

?Menurut Aji, daftar pilihan mapel siswa akan dikumpulkan sekolah yang kemudian akan disetorkan ke pusat. Pada waktu mengunduh soal nanti, daftar pilihan mapel itulah yang akan jadi pedoman terkait berapa siswa yang memilih mapel apa.?

?Seperti yang diberitakan sebelumnya, UN di DIY akan dilakukan 100% berbasis komputer, sehingga soal-soal ujian didapat dengan cara mengunduh soal dari server pusat milik Kemendikbud.?

?Terkait kebijakan pilih sendiri mapel, siswa SMA bebas memilih satu mapel sesuai dengan jurusannya untuk melengkapi tiga mapel wajib dalam UN. Mapel wajib tersebut ialah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika.?

Advertisement

?Untuk mapel bebas pilih, siswa jurusan IPA memilih satu dari Kimia, Biologi atau Fisika. Siswa IPS memilih antara Geografi, Sosiologi atau Ekonomi. Dan jurusan Bahasa pilihannya Sastra Indonesia, Antropologi, dan bahasa asing.?

?Terpisah, Wakil Kepala SMA Negeri 2 Jogja Bidang Kurikulum Jumadi mengatakan, pihaknya telah mengedarkan surat dan blanko pada para siswa terkait mapel yang akan mereka pilih untuk UN. Pihak sekolah kemudian memberikan waktu pada siswa untuk menentukan pilihan.?

?”Blanko tersebut kami bagikan untuk dibawa pulang oleh siswa. Siswa kami minta mendiskusikan pilihannya dengan orang tua masing-masing karena ini juga pilihan yang penting. Pada blanko juga kami sertakan keharusan pernyataan orang tua dengan pilihan anak. Pengumpulannya sendiri dalam waktu dekat akan kami lakukan,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif