Jogja
Senin, 16 Januari 2017 - 06:20 WIB

TEROR JOGJA : Temuan Benda Mencurigakan Gondomanan, Gegana Periksa CCTV

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (JIBI/BISNIS/Dok)

Teror Jogja, penemuan benda mencurigakan di dua titik berbeda.

Harianjogja.com, JOGJA — Warga Kota Jogja digegerkan adanya temuan benda mencurigakan diduga berisi bom dalam tiga kardus pada dua lokasi di wilayah Kecamatan Gondomanan, Sabtu (14/1/2017) malam. Dua kardus berada di depan Apotek Harmoni Jalan Ibu Ruswo 68 dan satu kardus di sebuah Pos Ronda kampung Sayidan, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Jogja.

Advertisement

Baca Juga : TEROR JOGJA : Benda Mencurigakan Berupa Panci Ditemukan di Gondomanan, Gegana Putuskan Peledakan

Perwira Unit Jibom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda DIY AKP Suripto menyampaikan hasil penyelidikan dengan memeriksa kamera CCTV di toko tersebut, ada OTK yang diduga sengaja meletakkan kedua kardus tersebut. Tanpa bermaksud menyimpulkan motif tindakannya, kata Suripto, jika barang tak sengaja tertinggal harusnya diambil lagi. Mengingat dalam rekaman CCTV, orang tersebut meletakkan barang itu sejak Minggu (14/1/2017) pukul 10.00 WIB.  Kemudian baru dilaporkan kepada petugas kepolisian sekitar pukul 22.30 WIB di hari yang sama.

“Orang ketinggalan atau sengaja saya kurang begitu tahu, tetapi itu mulai [diletakkan] jam 10 pagi. Hitungannya sudah 12 jam lebih di situ [TKP], kok tidak diambil,” kata dia.

Advertisement

Kapolsek Gondomanan Kompol Riyanto mengakui, sesuai pengecekan CCTV OTK meletakkan kedua kardus di depan apotek sekitar pukul 10.00 WIB. Karyawan yang akan menutup toko kemudian curiga atas keberadaan dua kardus tersebut dan melapor ke Mapolsek Gondomanan. Selain di Jalan Ibu Ruswo tersebut, kata Riyanto, sebuah kardus mencurigakan juga ditemukan di Pos Ronda kampung Sayidan yang tidak jauh dari lokasi pertama.

“Akhirnya kami menginformasikan kepada pimpinan, lalu  Gegana didatangkan untuk mengecek,” kata mantan Kapolsek Ngaglik Sleman ini.

Posisi kedua kardus bertumpuk, kardus atas berwarna biru dibungkus plastik transparan dengan ukuran tinggi sekitar 30 sentimeter, lebar 45 sentimeter dan panjang 40 sentimeter. Kemudian kardus bagian bawah memiliki ukuran hampir sama dengan kardus yang di atas, perbedaannya berwarna coklat namun ditutup dengan plastik warna transparan. Temuan ketiga kardus itu termasuk di bagian jantung pusat Kota Jogja. Berjarak tidak lebih dari satu kilometer dari Kraton Jogja maupun kawasan Malioboro.

Advertisement

Terkait kepastian isi barang yang diidentifikasi setelah peledakan di Jalan Ibu Ruswo, Suripto memastikan semuanya merupakan barang bekas didominasi peralatan elektronik. Selain panci magic com, ada pula kipas angin, dua gulungan kabel hingga celana bekas dalam satu kardus, sedangkan satu kardus lagi berisi sebuah televisi berukuran 14 inch.

Suripto mengatakan, pengecekan menggunakan x-ray juga dilakukan pada kardus yang ditemukan di Pos Ronda. Meski demikian, ia mengambil keputusan berbeda dari TKP pertama. Karena hasil deteksi x-ray dalam kardus itu tidak ditemukan logam maupun rangkaian kabel. Terekamnya deretan kancing baju melalui x-ray, membuat Suripto memutuskan untuk membuka kardus di Pos Ronda itu secara manual tanpa melalui peledakan.

“Setelah kami cek [x-ray] yang muncul beberapa kancing baju, lalu kami buka manual dan isinya memang baju-baju bekas. Kami belum apakah temuan di TKP kedua ini ada kaitan dengan yang sebelumnya atau tidak,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif