Jateng
Senin, 16 Januari 2017 - 10:50 WIB

KESEHATAN SEMARANG : Pemkot Semarang Siapkan 32 Unit Ambulans Gratis di 16 Kecamatan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil ambulans (kdrv.com)

Kesehatan warga Semarang bakal didukung Pemkot Segera dengan program Ambulans Hebat.

Semarangpos.com, SEMARANG Pemerintah Kota Semarang segera meluncurkan program mobil ambulans Hebat yang disiagakan untuk melayani penanganan kegawatdaruratan kesehatan bagi masyarakat Semarang yang membutuhkan.

Advertisement

“Pada 17 Februari 2017, kami ada peresmian beberapa proyek, salah satunya adalah program Ambulans Hebat,” ungkap Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (14/1/2017).

Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—menjelaskan program Ambulans Hebat itu dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Semarang tahun ini. Pengelolaan layanannya akan ditangani oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang yang selalu menyiagakan personel medis selama 24 jam nonstop.

“Semua masyarakat nanti bisa klik aplikasi Dinkes Kota Semarang, atau bisa juga menghubungi di nomor telepon yang sudah ditentukan,” katanya.

Advertisement

Jadi, simpul Hendi sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara, seandainya ada warga Semarang yang membutuhkan, misalnya, ada yang kondisinya kritis, bisa langsung dilayani dan didatangi rumahnya oleh Ambulans Hebat. Kalau memang memungkinkan dilakukan penanganan secara langsung di rumah, maka bisa saja segera ditangani anggota tim. Tetapi apabila kondisinya tidak memungkinkan, kata Hendi, akan dirujuk ke rumah sakit.

“Untuk tahap pertama, rencananya akan ada lima unit Ambulans Hebat yang dioperasikan, tetapi ke depannya diharapkan bisa terus bertambah untuk peningkatan pelayanan,” katanya.

Targetnya, kata Hendi, di setiap kecamatan bisa tersedia setidaknya dua unit Ambulans Hebat sehingga akan ada total 32 unit yang bersiaga dari 16 kecamatan di Kota Semarang. “Setiap unit ambulans ditangani tiga personel, yakni dokter, perawat, dan sopir dengan pembagian tiga sif. Yang jelas, pelayanan Ambulans Hebat gratis dan 24 jam,” katanya.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif