News
Minggu, 15 Januari 2017 - 21:10 WIB

TEROR ISIS : Pasukan Khusus Irak Kuasai Universitas Mosul

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasukan Irak (JIBI/Solopos/Reuters)

Teror ISIS di Irak terus diberangus oleh pasukan khusus Irak.

Solopos.com, BAGHDAD – Pasukan khusus Irak menyisir kampus di Universitas Mosul untuk membersihkan tempat itu dari militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Minggu (16/1/2017).

Advertisement

Pasukan Anti-terorisme (CTS) Irak berhasil menguasai kembali kompleks universitas yang terletak di wilayah Mosul bagian timur tersebut dari ISIS, Sabtu (15/1/2017).

“Universitas sepenuhnya berhasil dibebaskan [dari ISIS] dan pasukan menyisir kompleks untuk memburu jika masih ada militan yang bersembunyi. Sebagian besar bangunan dipasangi ranjau jadi kami harus berhati-hari,” kata Juru Bicara CTS, Sabah al-Numan seperti dilansir Reuters.

Penguasaan kembali Universitas Mosul tersebut menjadi bagian dari catatan terkait upaya pasukan Irak untuk membebaskan Mosul, kota terbesar kedua Irak, yang diambil alih ISIS sejak 2014.

Advertisement

Sementara dikutip dari Aljazeera.com militan ISIS sebelumnya menggunakan kompleks universitas yang terletak di area strategis itu sebagai bagian dari markas mereka. Keberhasilan tersebut didapat setelah terjadi pertempuran sengit selama dua hari antara kedua kubu.

Komandan CTS, Talib Shaghati, mengatakan pihaknya menyita sejumlah bahan kimia yang ditemukan di laboratorium Universitas Mosul setelah pembebasan itu. “Bahan peledak dan bom mobil juga dijinakkan,” tuturnya di stasiun televisi Irak.

Pasukan Irak dalam operasi besar-besaran yang dimulai sejak 17 Oktober lalu tersebut kini telah menguasai sebagian besar distrik-distrik di wilayah Mosul bagian timur. Sementara gempuran di bagian barat Mosul yang masih dalam cengkeraman ISIS akan semakin dipompa setelah Mosul bagian timur sepenuhnya kembali ke pangkuan Irak.

Advertisement

 

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif