Lifestyle
Sabtu, 14 Januari 2017 - 03:40 WIB

TIPS ASUH ANAK : Begini Cara Jitu Atasi Anak yang Sulit Makan Sayur

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak tak mau makan sayur (Daily Mail)

Tips asuh anak kali ini tentang catra jitu atasi anak yang sulit makan.

Solopos.com, SOLO – Anak sulit makan sayur membuat orang tua pusing. Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan memang kerap memilih-milih makanan. Mereka hanya menyukai makanan dengan rasa enak ketimbang makanan yang kaya gizi dan nutrisi.

Advertisement

Padahal seperti diketahui sayuran memiliki segudang manfaat bagi tumbuh kembang anak-anak. Lantas, bagaimana cara mengatasi anak yang sulit makan sayur? Dikutip Solopos.com dari laman Alurre, Jumat (13/1/2017), berikut beberapa cara jitu mengatasi anak yang sulit makan sayur:

Perkenalkan sayuran sejak dini
Sebaiknya, perkenalkanlah anak Anda dengan sayuran sejak dini agar ia terbiasa. Beberapa kasus anak tidak suka sayur itu disebabkan oleh kebiasaan sang ibu yang tidak memperkenalkan sayur sejak dini. Anda bisa mulai memperkenalkan rasa sayuran kepada sang buah hati dengan cara mengolah bubur tim dengan berbagai sayuran di rumah. Bukan hanya membuat anak terbiasa dengan rasa sayuran, bubur tim dapat membuat si buah hati ingat dengan masakan ibunya.

Memasak sayuran di rumah
Memasuki usia balita, Anda bisa mengenalkan berbagai rasa sayuran yang telah diolah menjadi berbagai jenis masakan. Jangan hanya dibuat sup, Anda harus berpikir bereksperimen. Misalnya, Anda bisa membuat chicken nugget favorit anak dengan mencampurkan bayam dan wortel di dalamnya, membuat bakwan sayuran dengan bentuk yang unik, serta membuat olahan spageti dengan campuran sayuran.

Advertisement

Mengurangi camilan
Anak-anak biasanya akan meminta camilan ketika mereka lapar. Jika terus menerus dituruti, Anda justru akan memperburuk kondisi kesehatan sang buah hati. Makanan ringan yang biasa dijual di pasaran biasanya mengandung banyak bahan pengawet. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa membuatkan camilan sehat dari sayuran bagi sang buah hati. Misalnya, Anda bisa membuat kue bolu dengan mencampur wortel, tahu goreng isi sayuran, nugget tahu dan wortel, serta bakwan sayuran.

Memberi pengertian tentang manfaat sayur
Selain tips di atas, Anda juga harus memberi pengertian tentang manfaat sayur kepada anak. Anda juga harus memberi contoh kepada si buah hati untuk sering mengonsumsi sayuran. Anak dalam usia pertumbuhan cenderung akan meniru perilaku orang tuanya. Oleh sebab itu, sebaiknya makanlah sayur di depan anak agar ia bisa meniru kebiasaan Anda. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif