Entertainment
Sabtu, 14 Januari 2017 - 16:30 WIB

Dangal Aamir Khan Jadi Film Terlaris Bollywood Sepanjang Masa

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Poster trailer Dangal. (Istimewa/Youtube)

Dangal adalah biopic kisah hidup pegulat wanita.

Solopos.com, NEW DELHI — Film terbaru yang diperankan Aamir Khan, Dangal mencatat rekor box office yang menggembirakan. Film bertema drama olahraga ini adalah biopic yang mengangkat kisah hidup dua pegulat wanita yang disutradarai Nitesh Tiwari.

Advertisement

Film Dangal dinobatkan menjadi film terlaris Bollywood sepanjang masa. Dalam tiga pekan, Dangal telah meraup US$50 juta di box office. Dangal dalam bahasa India berarti kompetisi gulat.

Film ini tidak ber-setting di Eropa atau Amerika, yang merupakan lokasi fantasi favorit Bollywood. Dangal justru berseting di kawasan Haryana, India utara, negara bagian dengan kesenjangan gender.

Karakter yang diperankan Aamir adalah Mahavir Singh Phogat. Pria ini adalah juara gulat negara bagian dari Haryana. Dia kemudian melepaskan pekerjaannya untuk menjadi pelatih gulat bagi empat putrinya, yang semuanya adalah juara gulat.

Advertisement

Putri pertamanya, Geeta Phogat, memenangkan medali pertama India di Commonwealth Games 2010. Dia juga masuk Olimpiade 2016 sebagai pegulat wanita pertama India.

Putri kedua Phogat, Babita Kumari, pun adalah peraih medali emas di Commonwealth Games. Sedangkan adiknya, Ritu Phogat, memenangkan medali emas di Kejuaraan Gulat Persemakmuran pada 2016.

Transformasi fiksi di layar lebar ini akrab dengan kiasan Bollywood yaitu ikatan keluarga yang kuat, terlampauinya rintangan dan kemenangan yang memenangkan hati para penonton, lagu dan klimaks teatrikal yang dahsyat. Kritikus menyebut film ini menyenangkan, drama olahraga yang sangat menghibur dengan urutan gulat yang baik yang berhasil menahan minat penonton untuk menyaksikan film berdurasi 160 menit atau 2 jam 40 menit ini.

Advertisement

Dilansir BBC, Jumat (13/1/2017), bagi Aamir, kesuksesan Dangal adalah kejayaan kembali bagi drama olahraga yang inspirasional. Sebelumnya, aktor berusia 51 tahun ini pernah menukangi Lagaan. Film yang hit pada 2002 ini mengisahkan tentang para petani yang menantang pemerintahan Inggris pada sebuah pertandingan kriket untuk meloloskan diri dari pajak yang mencekik.

Film ini memenangkan sebuah nominasi Oscar dan masuk 25 film olahraga terbaik majalah Time.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif