News
Jumat, 13 Januari 2017 - 11:15 WIB

Paus 4 Ton Terdampar di Pantai Seriwe Lombok Timur

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Paus terdampar (The New York Times)

Paus terdampar di pantai Seriwe Lombok Timur sudah mati.

Solopos.com, MATARAM – Nelayan menemukan seekor ikan paus terdampar di Pantai Seriwe, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Paus itu dikabarkan sudah dalam keadaan mati, Kamis (12/1/2017) pagi.

Advertisement

Ikan paus yang panjangnya mencapai 10 meter dengan diameter sekitar 1 meter tersebut memiliki berat mencapai 4 ton.

“Menurut laporan, bangkai ikan paus yang terdampar, pertama kali ditemukan oleh para nelayan di wilayah itu,” kata Kasatrolda Ditpolair Polda NTB AKBP I Dewa Wijaya kepada wartawan di Mataram, Jumat (13/1/2017).

Terkait dengan penyebab kematian paus, Dewa menduga karena pengaruh aktivitas kapal yang kerap melintas di perairan setempat. Menurutnya, hal itu sangat mengganggu kehidupan dari biota laut, termasuk ikan paus tersebut.

Advertisement

Dia menambahkan petugas dari Dinas Kelautan juga telah melakukan pemeriksaan dan disimpulkan kematian paus disebabkan usianya yang sudah tua.

“Karena usianya yang terbilang sudah tua, menyebabkan ikan paus tersebut dengan mudah terseret arus laut dan terbawa oleh ombak hingga ke tepian pantai,” jelas Dewa.

Dia menuturkan setelah melakukan musyawarah dengan Camat Jerowaru, Kepala Desa Seriwe, maupun sejumlah tokoh masyarakat setempat, bangkai ikan paus tersebut ditenggelamkan ke tengah laut Jumat ini.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif