Sport
Jumat, 13 Januari 2017 - 01:30 WIB

KONI Solo Gelar Musorkot, Satu Cabor Tak Punya Hak Suara

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua Umum KONI Kota Solo, Gatot Sugihartono. (Ahmad Wakid/JIBI/Solopos)

KONI Solo akan menggelar Musyawarah Olahraga Kota.

Solopos.com, SOLO – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Solo akan menggelar Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) di Balai Tawangarum, kompleks Balai Kota Solo, Minggu (22/1/2017) mendatang. Namun terdapat satu cabang olahraga yang kehilangan hak suaranya, yakni Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI) Kota Solo.

Advertisement

Menurut Ketua Umum KONI Kota Solo, Gatot Sugihartono, IODI Kota Solo sudah satu periode ini belum memperbarui surat keputusan [SK] yang sudah habis masa kepengurusannya. Kendati demikian, pengurus IODI tetap mendapat tempat dalam Musrokot, namun tidak mempunyai hak untuk memilih Ketua Umum periode mendatang.

“Ada cabang yang tidak mempunyai hak suara. Cabang itu sampai saat ini [jelang Musorkot] belum memperbarui surat keputusannya. Jadi yang sudah habis masa kepengurusannnya dan belum membentuk kepengurusan yang baru, maka dalam Musorkot tidak mempunyai hak suara. Tetap kami undang, mereka punya hak bicara tapi tidak punya hak suara,” jelas Gatot kepada wartawan, Kamis (12/1/2017).

Dengan hilangnya hak suara dari IODI, maka hanya 40 cabang olahraga dibawah naungan KONI Solo yang mempunyai hak suara dalam kegiatan empat tahunan tersebut. Ditambah empat fungsional yang juga memiliki hak suara, sehingga jumlah total hak suara sebanyak 44 suara.

Advertisement

Musorkot sendiri merupakan acara dengan agenda pemilihan Ketua Umum sekaligus jajaran kepengurusan KONI Kota Solo yang baru. Acara besok akan membentuk kepengurusan untuk periode 2017-2021.

Di sisi lain, berdasarkan Surat Keputusan (SK) sebelumnya, masa kepengurusan Gatot Sugihartono akan berakhir pada 20 Februari 2017 mendatang. Namun, dengan berbagai pertimbangan, terutama mengenai anggaran, akhirnya disepakati agar Musorkot diselenggarakan pada Januari 2017 ini.

“Panitia Musorkot telah terbentuk dan tinggal pelaksanaannya. Organizing Committee [OC] diketuai Bambang Wijanarko sementara Steering Committee oleh Bambang Tuko Wibowo. Senin hingga Jumat pekan depan mulai pendaftaran bakal calon Ketua KONI,” imbuhnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif