Lifestyle
Kamis, 12 Januari 2017 - 21:10 WIB

HASIL PENELITIAN : Manfaat Minum Air Putih 8 Gelas Sehari Selama 30 Hari

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum air putih (Indianexpress.com)

Hasil penelitian memaparkan manfaat yang diperoleh seseorang meminum air putih selama 30 hari.

Solopos.com, SOLO – Manusia sangat bergantung pada air untuk betahan hidup dan memelihara kesehatan tubuh. Menurut penelitian setiap orang dewasa setidaknya harus minum delapan gelas air putih setiap harinya.

Advertisement

Sayangnya, masih ada beberapa orang yang enggan minum air putih karena rasanya yang tawar. Padahal, meminum banyak air putih diklaim mampu membantu menurunkan bobot tubuh.

Hasil penelitian yang dimuat dalam sebuah jurnal kesehatan Amerika Serikat, Frontiers in Human Neuroscience memaparkan manfaat yang akan diperoleh tubuh ketika seseorang meminum delapan gelas air putih selama 30 hari. Nah, apa sajakah manfaat dari hanya mengonsumsi air putih?

Dilansir Lifehack, Kamis (12/1/2017), berikut manfaat yang diperoleh tubuh ketika seseorang mengonsumsi air putih delapan gelas sehari selama 30 hari:

Advertisement

Kinerja otak meningkat
Meminum air putih yang cukup selama 30 hari mampu meningkatkan kinerja otak. Otak membutuhkan banyak oksigen agar mampu bekerja secara optimal. Sebagian besar oksigen yang diperlukan otak terkandung dalam air mineral. Oleh sebab itu, selama ini banyak ahli menyarankan seseorang meminum air putih setidaknya delapan gelas perhari guna meningkatkan 30 persen kemampuan otak.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Masyarakat Ceko meyakini air putih merupakan obat alami yang dapat dipakai menyembuhkan segala macam penyakit. Sebab, air mineral berfungsi menetralisir racun dalam tubuh. Mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum ar putih juga bisa mengatasi pegal-pegal dan mengurangi zat racun dan zat garam dari dalam tubuh.

Menjaga kesehatan hati dan ginjal
Minum air putih dapat menjaga kesehatan ginjal dan mengurangi risiko batu ginjal. Bukan hanya itu, penelitian yang dilakukan tehadap sekelompok orang yang minum air putih yang cukup selama 30 hari terbukti memiliki organ ginjal, jantung, dan hati lebih sehat dibandingkan dengan orang yang tidak minum air putih.

Advertisement

Membuat awet muda
Air membuat Anda terlihat awet muda. Air putih sangat dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit dan mencegah timbulnya keriput. Penelitian yang dilakukan kepada seorang wanita berusia 40 tahun membuktikan khasiat air putih. Wanita itu telah membuktikan jika minum air putih selama 30 hari, wajahnya tampak lebih muda dibandingkan dengan teman-teman seusianya.

Menurunkan bobot tubuh
Andrea Giancoli, seorang peneliti dari The Academy of Nutrition and Dietetics, Amerika Serikat memaparkan meminum air putih yang cukup selama 30 hari mampu melunturkan racun dan lemak di tubuh seseorang. Andrea menyarankan kepada para pelaku diet untuk melakukan terapi tersebut guna menurunkan bobot tubuh mereka. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif